Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bupati Karimun Buka Diklat BAT-KLM bagi Operator Kapal Layar Motor di Gedung Nasional
Oleh : Freddy
Selasa | 22-11-2022 | 19:52 WIB
Diklat-BAT-KLM.jpg Honda-Batam
Bupati Aunur Rafiq saat membuka Diklat BAT-KLM bagi operator kapal tradisional dan nelayan se-Karimun di Gedung Nasional, Selasa (22/11/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pendidikan dan latihan (Diklat) Pemberdayaan Masyarakat Basic Safety Training-Kapal Layar Motor (BAT-KLM) bagi operator kapal tradisional dan nelayan di wilayah Kabupaten Karimun secara resmi dibuka Bupati Aunur Rafiq di Gedung Nasional, Selasa (22/11/2022).

Diklat ini diikuti sebanyak 144 peserta, merupakan kerja sama Politeknik Pelayaran Banten dengan KSOP Kelas I Kabupaten Karimun dan Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun. Diklat ini akan berlangsung hingga Kamis (24/11/2022).

Tujuan dilaksanakannya Diklat ini untuk memberikan wawasan bagi para peserta dalam mengantisipasi akan adanya bahaya di atas kapal. Untuk jangka panjang, hal ini berguna dalam upaya mewujudkan tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang profesional di bidang pelayaran.

Adapun Diklat ini dilakukan atas dasar Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia nomor PM 20 tahun 2015, tentang Standar Keselamatan Pelayaran. Di mana, keselamatan pelayaran adalah suatu keadaan terpenuhinya persyaratan keselamatan yang menyangkut angkutan di perairan, kepelabuhanan, dan lingkungan maritim.

Selanjutnya standar keselamatan pelayaran sebagaimana dimaksud meliputi sumber daya manusia, sarana dan/atau prasarana, standar operasional prosedur, lingkungan dan sanksi. "Pelatihan Basic Safety Training-Kapal Layar Motor (BAT-KLM) selama 3 hari ini manfaatnya sangat besar, di mana Karimun terdiri dari 259 pulau yang mana transportasi terbesarnya adalah transportasi laut," kata Aunur Rafiq.

Aunur Rafiq berharap, di tahun depan kegiatan serupa dapat dilaksanakan dan tentunya dengan yang lebih besar lagi.

Editor: Gokli