Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ijazah Kades Terpilih Busung Dipertanyakan Warga
Oleh : Harjo/Dodo
Jum'at | 10-08-2012 | 15:45 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday - Rusli, Kades Busung Kecamatan Seri Kuala Lobam Bintan, yang terpilih sebulan yang lalu, kini dipertanyakan persoalan ijazahnya paket A dan paket B, yang digunakan sebagai syarat dirinya mencalonkan diri sebagai calon kades dalam penjaringan yang dilakukan oleh panitia Pilkades.


Salah seorang ketua RT Desa Busung, Johan kepada batamtoday mengatakan ia sudah menemui Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Busung, Usman, menanyakan wujud fisik ijazah Rusli berada dimana. Namun Usman tidak memberikan penjelasan yang memuaskan.

"Ia tidak bisa menjelaskan secara memuaskan. Begitu juga dengan Ketua Panitia Pilkades Busung Abdul Rahman," kata Johan,Tanjunguban, Kamis (9/8/2012).

Menurut Johan, Sejauh yang ia tahu, Rusli sekolahnya hanya sampai kelas 3 Sekolah Dasar (SD).

BPD dan Panitia Pilkades tidak bekerja sebagaimana mestinya terang Johan. Karena sewaktu ditanyakan dimana bentuk fisik ijazah Rusli, masing-masing saling lempar tanggungjawab.

"BPD menyuruh warga menanyakan kepada Panitia Pilkades, begitu juga sewaktu Panitia Pilkades ditanya, disuruhnya warga menanyakan kepada BPD," jelas Johan.

Sewaktu Usman dihubungi ia mengatakan BPD sedang menunggu hasil penyusunan dari Panitia Pilkades.

Sedangkan Panitia Pilkades Abdul Rahman mengatakan semua berkas dalam pelaksanaan Pilkades Busung termasuk ijazah para calon, saat ini masih perlu disusun. Sehingga membutuhkan waktu untuk dibukukan. Setelah itu,  bentuk fisik ijazah para calon bisa diketahui. 

"Dalam dua atau tiga hari kemungkinan sudah selesai, baru bisa diperlihatkan," terangnya.