Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

KONI Kepri dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batam Jalin Kerja Sama
Oleh : Irwan Hirzal
Kamis | 03-11-2022 | 12:16 WIB
Koni-BPJSTK.jpg Honda-Batam
Penandatanganan kerja sana KONI Kepri dengan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Batam, Kamis (3/11/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - Guna memberikan perlindungan kepada Panitia BP Porprov, para atlet dan official dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi Kepri V-2022 di Bintan, KONI Kepri bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaaan Cabang Batam melakuikan penandatanganan kerja sama, Rabu (02/11/2022).

Kerja sama ini merupakan lanjutan nota kesepahaman BPJS Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Nota kesepahaman resmi ditandatangani Direktur Utama BP Jamsostek, Anggoro Eko Cahyo dan Ketua Umum KONI Pusat, Marciano Norman, Senin (12/9/2022) lalu.

Kerja sama ini ditindaklanjuti dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BP Jamsostek dengan KONI Pusat dan seluruh KONI di 34 provinsi serta Pengurus Besar atau Pengurus Pusat 72 Cabang Olahraga (Cabor).

Ketua Umum KONI Kepri, Usep RS, mengharapkan kerja sama ini tidak terbatas pada event tertentu, seperti penyelenggaraan porprov saja. "Besar harapan sepanjang kegiatan KONI Kepri dalam penyelenggaraan Porwil, Pra PON, Kejurnas 2023, pelatda dalam menghadapi PON Aceh-Sumut 2022, juga dapat terlindungi jaminan sosial ketenagakerjaan," katanya.

Dengan demikian, para atlet akan lebih merasa nyaman karena terlindungi jaminan sosial ketenagakejaan dalam bertanding di arena Porrprov mulai dari berangkat dan sepanjang mengikuti pertandingan sampai kembali ke rumah.

"Menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, maka dapat memberikan keamanan dan kenyamanan pada mereka, terlebih preminya juga cukup murah," tegasnya.

KONI Kepri melalui PB Porprov juga akan berkoordinasi dengan KONI Kabupaten/Kota terkait pentingnya atlet mendapat perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. "Diperkirakan ada sekitar 3000 orang yang terlibat dari panitia, atlet, perangkat pertandingan, dan official di Porprov V Kepri nanti," kata Usep.

"Ke depan ini sangat penting. Jadi apabila atlet, ofisial, pelatih, wasit sudah terlindungi dengan masuk Jamsostek. Karena ada BP Jamsostek yang akan memberikan perlindungan," tambah Usep.

Selain jaminan perlindungan kecelakaan kerja, terang Usep, BP Jamsostek juga memberikan jaminan hari tua. "Dengan menjadi peserta BP Jamsostek, atlet bisa mempersiapkan dari sekarang untuk masa depannya. Sehingga, saat usia sudah lanjut dan sudah tidak sebagai atlet, kehidupannya akan terjamin," tegasnya.

Editor: Gokli