Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gus Miftah Minta Maaf dan Klarifikasi Tudingan Intervensi Agama Farel Prayoga
Oleh : Redaksi
Senin | 10-10-2022 | 09:36 WIB
A-Gus_Miftah-FAREL.jpg Honda-Batam
Gus Miftah saat satu panggung dengan Farel Prayoga dalam acara pengajian. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Gus Miftah disorot usai dituding mengintervensi Farel Prayoga berkaitan soal agama. Kadung ramai, ia akhirnya menjelaskan duduk perkara.

Gus Miftah sebelumnya mengundang Farel Prayoga untuk mengisi pengajian di Banyuwangi, Jawa Timur, beberapa waktu lalu. Di situ, Farel sempat melantunkan salawat.

Lalu video yang viral yakni saat Gus Miftah menanyakan soal mengaji ke Farel Prayoga. "Farel, koe wes ngaji urung Le? (Farel, kamu sudah ngaji belum Le?) Sudah juz berapa kamu ngaji?" ujar Miftah.

Kemudian Farel Prayoga berbisik dan disahut Gus Miftah lagi.

"Oh mboten ngaji (tidak ngaji)? Lah kok ora ngaji itu piye? (Lah, kok tidak ngaji itu gimana?) Kamu sekarang sudah terkenal, sudah mulai punya uang, Abah doakan besok kamu jadi artis top internasional, amin. Tapi yo ngaji Bro, masa ora ngaji," kata Gus Miftah.

Sampai akhirnya Gus Miftah diberi tahu melalui secarik kertas dari panitia soal keyakinan Farel. Tahu kenyataannya, Gus Miftah meminta Farel tetap rajin beribadah.

Gus Miftah pun kembali bicara mengenai masalah Farel Prayoga dalam video penjelasan kepada detikcom, Minggu (9/10/2022). Video berdurasi 1 menit itu menjelaskan Gus Miftah awalnya juga tak tahu keyakinan Farel Prayoga.

Gus Miftah dengan tegas membantah kalau ada yang menuding dirinya mengintervensi agama Farel Prayoga.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, memang benar saya kemarin ada pengajian di Banyuwangi dengan bintang tamu Farel Prayoga. Atas dugaan saya intervensi agama Farel, Anda salah," kata Gus Miftah.

"Jadi karena acaranya pengajian, saya bertanya kepada Farel, 'Farel kamu bisa ngaji apa nggak?'" sambungnya.

Gus Miftah menekankan baru mendapat informasi dari panitia soal keyakinan Farel Prayoga. Mengetahui hal tersebut, Gus Miftah langsung minta maaf.

"Ternyata setelah Farel nyanyi ada informasi dari panitia, bahwa Farel non Islam. Nah saya kaget, karena tahu non Islam, dan saya bertanya sebelumnya, 'Apakah dia bisa ngaji atau tidak?' makanya saya minta maaf, 'Oh sorry ternyata kamu bukan Islam,'" jelasnya.

Gus Miftah pun memberikan nasihat ke Farel Prayoga. Farel Prayoga diingatkan untuk bersyukur atas segala nikmat dan rezeki yang dia dapatkan.

"Saya sampaikan ke Farel, 'Farel apapun agamamu tolong yang taat, taatlah terhadap agamamu, jadi hamba yang taat. Kamu sudah terkenal, maka kamu harus banyak berterima kasih dan bersyukur pada Tuhan.' Jadi kejadian seperti itu, bukan saya intervensi agamanya Farel," tegas Gus Miftah.

Sumber: detik.com
Editor: Dardani