Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Nuzulul Quran di Pemko Tanjungpinang

Tekankan Pengingkatan Pengajaran Quran di Masyarakat
Oleh : Charles/Dodo
Senin | 06-08-2012 | 19:33 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Memasuki malam 17 di bulan Ramadhan, umat muslim di kota Tanjungpinang, memperingati Nuzulul Quran, sebagai peristiwa turunnya ayat al-Quran yang pertama kali kepada Nabi Muhammad S.A.W. 


Pelaksanaan Nuzulul Quran bertempat di Masjid Al-Maghfiroh Tanjungpinang dan dihadiri pejabat Pemerintah Kota Tanjungpinang, unsur Muspida serta masyarakat. Acara Nuzulul Qur,an ini juga disejalankan dengan Safari Ramadhan Wali Kota Tanjungpinang, Minggu (5/8/2012).

Wali Kota Tanjungpinang Suryatati A Manan dalam sambutannya, menghimbau segenap warga, agar dapat mempergunakan kesempatan ramadhan untuk lebih meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah Swt, serta menjadikan Ramadhan sebagai ajang silaturahmi, sekaligus merenungkan kembali hikmah dari peristiwa Nuzulul Quran. 

“Jadikan al-Quran sebagai petunjuk, penjelasan, dan sekaligus pembeda mana perbuatan baik atau buruk, bagi umat manusia," jelasnya.

Dengan peringatan Nuzulul Quran, diharapkan, dapat meningkatkan kualitas pengamalan ajaran al-Quran di tengah masyarakat untuk menumbuhkan sifat jujur, cerdas dan bijaksana menuju masyarakat yang berilmu, berbudi serta berakhlak mulia. 

“Kita jadikan Tanjungpinang sebagai kota dengan budaya melayu yang identik dengan agama Islam yang mampu membuka jalan sejarah, menemukan nilai keagungan al-Quran yang dapat dijadikan sebagai pijakan dalam penyelenggaraan pembangunan”, tambah Tatik.

Dalam kesempatan ini juga Pemko Tanjungpinang memberikan bantuan kepada Masjid Al-Maghfiroh sebesar 5 juta rupiah dan 5 buah al-Quran. Bantuan juga diberikan kepada pengurus masjid, imam masjid, dan fardu kifayah. Selanjutnya acara diisi dengan ceramah agama dengan mendatangkan penceramah dari Batam, Ustadz Deden Sirajuddin.