Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Lebaran, Warga Diimbau Jaga Keamanan Rumah
Oleh : ocep
Senin | 06-08-2012 | 17:49 WIB
ahmad_dahlan_ok1.jpg Honda-Batam
Ahmad Dahlan, Wali Kota Batam.

BATAM, batamtoday - Wali Kota Batam Ahmad Dahlan mengimbau warga untuk menjaga keamanan rumahnya masing-masing guna menghindari aksi pencurian saat melaksanakan ibadah taraweh, shalat Ied atau saat akan pergi mudik.


"Kepada masyarakat kami imbau apabila pulang mudik, salat taraweh atau shalat Ied nanti rumahnya dikunci dengan baik dan kalau ada 

orang luar yang mencurigakan, segera laporkan ke pengurus warga setempat atau ke polisi," ujarnya, Senin (6/8/2012).

Hal itu dikatakannya guna menghindari tindak kejahatan yang sering terjadi dalam suasana bulan puasa dan Lebaran, baik itu aksi pencurian maupun perampokan.

Selain mengimbau masyarakat, Dahlan juga mengaku sudah mengarahkan kepada para camat dan lurah di Kota Batam untuk menjaga keamanan daerahnya masing-masing.

Arahan itu agar para camat dan lurah melakukan aktivitas-aktivitas yang proaktif kepada warganya dalam menjaga keamanan rumah dan lingkungannya masing-masing, bukan hanya sekedar menunggu laporan saja.

Dahlan sendiri memperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah warga yang meninggalkan kota ini untuk mudik merayakan Lebaran di kampung halamannya masing-masing.

Namun dia meyakini jumlahnya tidak terlalu mengurangi jumlah warga yang merayakan Lebaran di Batam.

"Batam ini berbeda dari daerah lain. Kalau di Jawa misalnya, banyak orang mudik dari Jakarta ke kampungnya dengan mobil pribadi atau motor. Tapi di Batam harus pakai kapal atau pesawat sehingga orang akan berpikir beberapa kali kalau mau mudik. Jadi saya kira arus keluar Batam tidak akan terlalu tinggi sekali," paparnya.

Kendati demikian, lanjutnya, pemerintah kota tetap memperkirakan akan ada peningkatan arus mudik jelang suasana Lebaran nanti seperti yang setiap tahun biasa terjadi.