Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mudik Lebaran, Petugas Pelabuhan Siaga Sejak Subuh
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Sabtu | 04-08-2012 | 15:36 WIB
sekupang-moegi-oetomo.gif Honda-Batam
Mugi Utomo, Kepala Satuan Kerja Kantor Pelabuhan Domestik Sekupang.

BATAM, batamtoday - Mugi Utomo, Kepala Satuan Kerja Kantor Pelabuhan Domestik Sekupang mengatakan telah siap mengantisipasi lonjakan arus penumpang lebaran.


Mugi menjelaskan, segala sesuatu untuk mudik lebaran sudah disiapkan mulai dari pintu masuk pelabuhan, ruang tunggu hingga ke ponton keberangkatan.

"Segala sesuatunya kita sudah persiapkan dari pintu masuk sampai ruang tunggu," kata Mugi kepada wartawan, Sabtu (4/8/2012).

Selain itu yang terpenting saat mudik lebaran nanti adalah jangan sampai terjadi penumpukan penumpang di pelabuhan. Untuk itu, nantinya kedua terminal akan digunakan untuk keberangkatan penumpang.

"Buka dua ponton keberangkatan, Ponton A dan Ponton B hingga tidak ada penumpukan penumpang di pelabuhan," terangnya.

Selanjutnya telah dibenahi prasarana lain seperti tenda penumpang didepan pelabuhan dan penambahan toilet penumpang. Sudah dibangun 6 pintu toilet yang terdiri dari tiga pintu toilet pria dan tiga pintu toilet wanita.

"Kita juga melakukan pembenahan untuk pelayanan guna kenyamanan penumpang mudik lebaran," kata Mugi.

Saat mudik lebaran nanti, biasanya kapal jarak jauh ke Dumai dan Buton akan berangkat lebih cepat dari waktu normal yakni pukul 06.00 WIB. Sedangkan kapal dengan jarak tempuh pendek akan berangkat sejak pukul 08.00 WIB.

"Intinya kita sudah siap stand by sejak pukul 02.00 WIB. Bahkan untuk sahur kita sudah di pelabuhan mengurusi penumpang mudik. Personil kita ada 35 orang petugas," kata Mugi.