Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasar Ramadhan Tanjung Uma, Terlengkap dan Termurah
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Sabtu | 04-08-2012 | 15:32 WIB

BATAM, batamtoday - Suasana bulan Puasa di Batam Batam tak lengkap jika tak mengunjungi Pasar Ramadhan di Kampung Tua, Tanjung Uma. Sebab selain terlengkap menyajikan menu berbuka puasa, bazar Ramadhan ini terkenal cukup murah harganya.


Pasar Ramadhan di Tanjung Uma sudah ada sejak awal tahun 1990-an, dimana masyarakat Batam yang ingin menikmati makanan berbuka puasa tinggal datang ke tempat ini, dimana tersedia takjil, kue hingga lauk pauk dan sayur.

Makanan yang dijual adalah makanan tradisional melayu, mulai dari kue Bingka, Tepung Gomak, Epok-epok, Lakse, Roti Kirai dan Otak-otak. Tak ketinggalan menu makanan laut, seperti Ikan bakar, Sotong, Udang, Gong-gong serta kerang.

Masalah harga pembeli jangan takut karena harganya sangat terjangkau, dimana kue di jual seharga Rp1000 perbiji sedangkan untuk lauk dijual berdasarkan besar dan jenisnya.

"Kalau ikan bakar kita jual sesuai ukuran dan jenisnya, mulai dari harga Rp10 ribu hingga Rp35 ribu per ekor, yang jelas harganya terjangkau di sini," ujar Iwan, salah satu pedagang ikan bakar di Pasar Tanjung Uma.

Senada dengan yang dikatakan Wati, pedagang kue yang sudah hampir 15 tahun berjualan di Pasar Ramadhan Tanjung Uma, dia mengatakan menjual kue dengan harga yang cukup murah namun rasanya tak murahan.

"Di sini kita jual kue Rp500 per biji, biasanya semua itu habis terjual sebelum adzan Maghrib tiba," kata Wati.

Yang perlu diketahui lagi, pengunjung Pasar Ramadhan ini bukan hanya warga sekitar, melainkan adalah masyarakat Batam seperti yang tinggal di Sekupang, Baloi, Sei Panas, Bengkong dan Batam Centre.

"Langganan kami bukan hanya masyarakat biasa, tapi juga pejabat Pemko dan bos-bos perusahaan pada belanja di sini," terangnya.

Arif, salah satunya, warga Legenda Malaka, Batam Centre ini contohnya yang sudah menjadi langganan di Pasar Ramadhan Tanjung Uma, meski jauh-jauh datang tapi ada kepuasan sendiri jika berbelanja di tempat ini.

"Sudah bisa tiap tahun belanja buka puasa di sini, selain murah disini juga banyak pilihannya. Sekalian ngabuburit untuk menunggu waktu buka puasa," kata Arif.