Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pelantikan Kepsek Sekolah Kartini

Tenaga Pendidik Harus Memiliki Wawasan Luas
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Jum'at | 03-08-2012 | 14:20 WIB

BATAM, batamtoday - Sri Soedarsono, ketua Yayasan Keluarga Batam (YKB) yang menaungi sekolah Kartini menghimbau agar guru lebih mengembangkan wawasan melalui media massa maupun internet. Guru harus memiliki ide baru dalam proses belajar mengajar.


"Guru harus lebih jeli dan mengikuti perkembangan guna menambah wawasan. Meski memiliki ide-ide baru sesuai perkembangan zaman," kata Sri, saat pelantikan kepala sekolah seluruh sekolah yang berada di bawah YKB, Jumat (3/8/2012).

Sedangkan pihak yayasan sifatnya hanya mendampingi dan mempersiapkan sarana yang dibutuhkan guru. Tentunya tidak mengesampingkan kesejahteraan para guru.

"Sejauh ini, Yayasan Pendidikan Kartini sudah berjalan baik. Namun sebagai seorang ibu, tentunya selalu ada rasa kurang puas," ujar Sri.

Dia berharap, bagi anak muda Batam yang mengenyam pendidikan keluar agar mau kembali ke Batam untuk sama-sama mengembangkan pendidikan di kampung halamannya.

"Kalau memilih sekolah di luar, nanti mereka ke sini lagi untuk bantu daerah kita," harapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Batam Yahya mengatakan maju mundurnya sekolah ada di tangan guru dan Kepala Sekolah. Sehingga dituntut untuk memiliki kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi serta sosial karena untuk kedepan, Kepala Sekolah diwajibkan memiliki sertifikat.

"Mengingat tugas kepala sekolah sangat berat sehingga harus mengikuti pelatihan selama tiga bulan," kata Yahya.