Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Poskamling Pinang Kencana III Terbakar di Siang Bolong
Oleh : Charles/Dodo
Jum'at | 03-08-2012 | 13:00 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Sebuah Poskamling di RT 4/RW 9 Perumahan Pinang Kencana III, Kelurahan Pinang Kencana, terbakar pada Jumat (3/8/2012) sekitar pukul 11:30 WIB.


Kebakaran tersebut membuat sejumlah kursi, tempat tidur dan sebuah televisi serta sejumlah barang lainnya di dalam Poskamling perumahan itu hangus.

Saksi mata Latifa dan Yuli mengatakan, terbakarnya Poskamling diketahui setelah asap dan api membesar di dalam, hingga membuat warga sekitarnya panik.

"Kami tahu, setelah api sudah besar, sementara angin mengarah ke bagian rumah kami, hingga kami teriak-teriak minta tolong," ujar Latifa.

Beruntung, sekitar 10 meter dari Poskamling, sejumlah buruh yang sedang mengerjakan bangunan masjid, mendengar terikan ibu-ibu tersebut, hingga langsung datang dan membantu melakukan pemadaman dengan menyiramkan air dari dalam selokan.

"Saat kejadiaan, suasana di perumahaan sangat sepi karena semua memang sedang kerja, untung bapak-bapak yang kerja bangunan di masjid tadi ada, hingga dapat membantu memadamkan api," kata Latifa.

Ketua RT 4/RW 9, Komar mengatakan hingga saat ini pihaknya belum mengetahui apa penyebab kebakaran Poskamling tersebut. Namun dari informasi yang diperoleh dari warga, diketahui jika sebelum kebakaran ada anak-anak yang sedang bermain di tempat itu.

"Kita belum tahu pasti, apakah penyebabnya karena korsleting listrik atau memang ada anak-anak yang main api di dalam pos," ujar Komar.

Namun demikian, warga dan RT Komar bersyukur, kejadian itu tidak merembet ke rumah warga serta dapat dipadamkan seluruh warga dengan bergotong royong.

Poskamling Perumahaan Pinang Kencana itu sendiri, kata ketua RT Komar, merupakan pos yang dibangun warga secara swadaya.

Guna mamastikan api telah padam, sebuah mobil kemadam kebakaran, tetap turun ke lokasi dan melakukan penyiraman air pada bangunan yang hangus.