Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Survei Harga Beras BAZ Bintan Utara

Termurah Rp7 Ribu, Termahal Rp16 Ribu
Oleh : Harjo/Dodo
Kamis | 02-08-2012 | 15:47 WIB

TANJUNGUBAN, batamtoday - Badan Amil Zakat (BAZ) Kecamatan Bintan Utara mengadakan survei harga beras di sejumlah toko sembako untuk digunakan sebagai acuan dalam membayar zakat fitrah.


Dalam survei tersebut didapati harga beras termurah yakni Rp7 ribu dan termahal yakni Rp16 ribu per kilogram.

"Survei kami lakukan selama tiga hari hingga 29 Juli lalu," kata Ali Hasan Hasibuan, ketua BAZ Kecamatan Bintan Utara, Kamis (2/8/2012).

Ali menjelaskan mendasarkan survei tersebut didapatkan besaran zakat fitrah per jiwa setara dengan 2,5 kilogram beras paling rendah Rp17.500, dan paling mahal Rp40.000. Namun itu hanyalah patokan hasil survey, pembayaran zakat fitrah tetaplah sesuai dengan yang dikonsumsi masing-masing individu setiap harinya.

Apabila ada umat Islam yang mengonsumsi beras di luar harga yang disurvey terang Hasibuan, misalnya mengkonsumsi harga beras Rp20.000 per kilogramnya maka bayar zakatnya sesuai dengan harga yang dikonsumsinya.

Hasibun menambahkan panitia BAZ memfokuskan pada survey lebih awal supaya masyarakat bisa membayar zakat lebih awal, dan dapat dibagikan beberapa hari sebelum hari raya. Sehingga nilai zakat fitrahnya lebih bermanfaat.