Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hindari Over Kapasitas, Penumpang Mudik Dapat Boarding Pass Khusus
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Kamis | 02-08-2012 | 13:16 WIB

BATAM, batamtoday - Guna menghindari kelebihan penumpang atau over kapasitas, Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang akan memberlakukan boarding pass khusus saat mudik lebaranan nanti.


Dijelaskan oleh Erwin Syafrizal, Syahbandar Pelabuhan Domestik Sekupang kepada wartawan, penggunaan boarding pass khusus berlaku sejak H-7 lebaran sesuai dengan jumlah penumpang yang akan berangkat.

"Penggunaannya untuk menghindari over kapasitas penumpang," kata Erwin sambil menunjukkan contohnya, Kamis (2/8/2012)

Prosedurnya, lanjut Erwin, penumpang yang berangkat jarak dekat seperti Tanjung Balai Karimun, Tanjung Batu, Pulah Buluh, Guntung dan Moro akan diberikan boarding pass khusus sesaat sebelum berangkat. Sedangkan penumpang yang akan berangkat dengan jarak tempuh yang jauh seperti ke Pekanbaru dan Dumai, boarding pass khusus bisa diambil sehari sebelum keberangkatan.

"Kita serahkan boarding pass khusus kepada operator sesuai dengan jumlah penumpang yang akan berangkat, tidak lebih dan tidak kurang," terang Erwin.

Ditegaskannya, hanya penumpang yang memiliki boarding pass khusus saja yang boleh masuk ke dalam areal dermaga. Petugas akan memintanya tepat di pintu dermaga keberangkatan.

"Untuk masuk ke areal pelabuhan, penumpang hanya menunjukkan boarding pass khusus tersebut. Kalau tidak punya, tidak bisa masuk," tegasnya.