Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Malaysia Terpopuler di Mata Wisatawan Muslim
Oleh : Redaksi
Kamis | 02-08-2012 | 10:30 WIB
pelancong.jpg Honda-Batam
Wisatawan muslim (berjilbab) membaur dengan wisatwan dari Eropa, foto:DinarStandar

KUALA LUMPUR, batamtoday - Malaysia didaulat menjadi negara tujuan paling populer bagi wisatawan muslim global. Negeri Jiran tersebut berada di urutan pertama dan meninggalkan sejumlah negara lain seperti Indonesia dan Arab Saudi. 


Demikian rilis yang dikeluarkan DinarStandar lembaga riset wisata yang bermarkas di New York, bekerjasama dengan Crescentrating Singapura. 

Diberitakan CyberitaAsia, Kamis(2/8/2012), Direktur Eksekutif Crescentrating, Fazal Bahardeen, mengatakan, tolok ukur utama dalam riset yang dilakukan adalah besaran jumlah wisatawan dari negara-negara muslim sepanjang 2010. 

"Berdasarkan riset, Singapura sepanjang 2010 mencatat kunjungan wisatawan muslim sebanyak 2,1 juta. Angka ini membuat Singapura berada di peringkat ke-4. Sedangkan posisi teratas ditorehkan Malaysia 3,2 juta kunjungan," ujarnya. 

"Singapura disenaraikan tempat ke empat kerana kedudukannya yang berdekatan dengan Indonesia dan Malaysia - yang juga merupakan penyebab ramai pengunjung Muslim datang ke Singapura," tambahnya.

Namun sejumlah pihak menilai terdapat keganjilan dalam riset terebut. Dari 10 besar negara yang menjadi tujuan wisata, nama Arab Saudi dan Indonesia sama sekali tidak disebut. Malah negara-negara yang dikenal memiliki komunitas muslim minoritas seperti Thailand, Rusia bahkan Italia justru menduduki peringat atas. Padahal ukuran spesifik yang dipaparkan riset itu adalah kemudahan mendapatkan makanan halal, teresedianya sarana ibadah serta kemudahan transportasi.

Arab Saudi sendiri tiap tahun mencatat kunjungan haji melebihi angka 10 juta orang dari seluruh dunia. 

Berikut 10 negara tujuan wisatawan muslim versi DinarStandar dan Crescentrating: 
  1. Malaysia
  2. Turkey
  3. Amiriah Arab Bersatu
  4. Singapura
  5. Russia
  6. China
  7. Perancis
  8. Thailand
  9. Italy
  10. Syria
Sumber: DinarStandard & Crescentrating