Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Awas, Jangan Makan Sahur dengan Mie Instan dan Sawi
Oleh : Redaksi
Kamis | 02-08-2012 | 10:03 WIB
Mie_Instan.jpg Honda-Batam
Mie instan, foto:getty images

BATAM, batamtoday - Makanan asam dan pemicu keluarnya asam lambung tinggi tidak baik dikonsumsi terlalu banyak. Terlebih, jenis makanan dengan kandungan gas tinggi memicu keluarnya asam lambung tinggi dan sulit dicerna.


Bagi penderita gangguan lambung itu, mi dan sawi perlu dihindari untuk konsumsi puasa.

Gastritis atau lebih umum disebut maag merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktivitas. Asupan makanan tertentu perlu dikontrol terlebih makanan yang kurang bersahabat, salah satunya mie instan dan sawi.

Sebagai langkah pencegahan kambuhnya maag saat puasa, pantangan makanan penderita yang bisa meningkatkan naiknya asam lambung harus dikenali. 

Konsultan gizi di Jogja, Nurwanti dalam blog pribadinya menerangkan, selain mie yang mengandung karbohidrat yang lengket, jenis sayuran sawi juga harus dihindari.

Menurut Nurwanti, kebanyakan penjual mie instan menambahkan sayuran sawi untuk menu mi. Padahal, kedua jenis makanan itu kurang sesuai untuk penderita maag.

“Sawi mengandung zat gas yang memicu munculnya asam lambung lebih tinggi, jadi kombinasi mi dan sawi untuk berbuka atau sahur tidak baik untuk penderita mag,” tulisnya dikutip batamtoday, Kamis(3/8/2012).