Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Harga Telur di Batam Kian Perkasa, Per Papan Capai Rp 60-68 Ribu
Oleh : Aldy
Kamis | 25-08-2022 | 12:16 WIB
telur-mahal.jpg Honda-Batam
Salah satu kios penjual telur di Pasar Botania 1 Batam Center, Kamis (25/8/2022). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Beberapa hari terakhir, harga telur ayam di sejumlah pasar Kota Batam mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Per papan tembus Rp 60 - 68 ribu.

Pantauan BATAMTODAY.COM di Pasar Botania 1 pada Kamis (25/8/2022), telur ayam dari luar kota mencapai Rp 60 ribu per papan, sedangkan produk lokal dari Barelang tembus Rp 68 ribu per papan.

"Hari ini rata-rata harga telur per papan Rp 60-68 ribu," ujar Dewi, salah seorang pedagang di Pasar Botania 1, Batam Center.

Dewi menyebutkan, kenaikan harga telur ini dikeluhkan semua kalangan, baik pembeli maupun pedagang. "Kalau normal, harga telur itu Rp 40 ribu per papan, tapi saat ini sampai Rp 60 ribu per papan, yang super atau lokal, lebih tinggi lagi, peminatnya tertentu, yang mementingkan kualitas, pilih telur ayam lokal," ujar Dewi.

Salah satu pembeli, Yulianti, mengeluhkan kenaikan harga telur yang cukup signifikan dari harga normalnya. "Di pasar saja harganya tinggi, bagaimana di warung dekat rumah?" keluhnya.

Sementara untuk harga kebutuhan pokok lainnya di pasaran masih terbilang masih normal.

Masih di Pasar Botania 1, pedagang lainya, Ba'dal menuturkan, saat ini harga kebutuhan pokok seperti cabai, bawang, dan lainya masih terbilang stabil. Menurutnya, saat ini belum ada kenaikan bahan pokok lainya selain telur ayam.

Biasanya kenaikan terjadi pada seminggu atau dua minggu jelang puasa atau hari besar lainnya. "Untuk cabe rawit kami ecer per satu kilogram seharga Rp 70 ribu, untuk cabai merah keriting Rp 78 ribu, cabai setan yang biasanya lebih seratusan, sekarang ini kami jual Rp 80 ribu per kilogram, itu yang kualitas super," terang Ba'dal.

Lanjutnya, untuk bawang putih berkisar Rp 22 ribu per Kg, sedangkan untuk bawang merah brebes berkisar Rp 23 ribu per kilogram. "Nah, kalau sayuran kangkung, bayam itu tergantung cuaca, sekarang ini Rp 12 ribu per kilogram, baik kangkung atau bayam itu sama harganya," tandasnya.

Editor: Gokli