Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Warna Warni Pengurusan e-KTP di Karimun
Oleh : Khoiruddin Nasution/Dodo
Rabu | 01-08-2012 | 18:48 WIB

KARIMUN, batamtoday - Masyarakat Karimun begitu antusias mengikuti proses pembuatan e-KTP. Namun mereka yang datang ke kantor camat adalah keluarga yang diberikan undangan oleh ketua RT setempat.


Padahal mereka yang diundang tersebut merupakan warga dari setiap kelurahan. Namun, total data penduduk layak KTP yang mampu diserap pada bulan Ramadhan ini berjumlah 200 orang saja.

"Kalau hari biasa, kami bekerja sampai malam Pak. Dan satu harinya kami mampu menampung data sekitar 400 orang penduduk layak KTP," ujar salah seorang petugas di Kantor Camat Tebing kepada batamtoday, Rabu (1/8/2012).

Namun katanya lagi, mereka yang belum memiliki KTP Siak, maka yang bersangkutan harus mengurus KTP Siak terlebih dahulu. Barulah dirinya diperbolehkan mengurus e-KTP.

Salah seorang warga, Asrul mengungkapkan bahwa KTP Siak yang dimilikinya berdomisili di Kecamatan Karimun. Sedangkan rumah pribadinya berada di wilayah Kecamatan Tebing. Sehingga dirinya disarankan untuk mengurus KTP Siak di wilayah Kecamatan, tempatnya sekarang berdomisili.

"Terus terang, e-KTP ini membuat saya repot Pak. Sebab saya harus mengurus ulang KTP Siak baru, sesuai domisili saya sekarang, barulah saya bisa mengurus e-KTP tersebut," ujarnya kesal.