Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Imigrasi Tanjunguban Gelar Operasi Gabungan Pengawasan Orang Asing di Perairan Bintan
Oleh : Harjo
Kamis | 11-08-2022 | 17:08 WIB
operasi-gabungan-imigrasi1.jpg Honda-Batam
Operasi gabungan perairan Imigrasi Tanjunguban dan lintas instansi. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bintan - Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjunguban, menggelar operasi gabungan wilayah Perairan Bintan Utara bersama instansi terkait, Kamis (11/8/2022).

"Operasi gabungan sebagai upaya menciptakan semangat dan sinergi dalam penegakan hukum akibat banyaknya muncul persoalan-persoalan yang terjadi dan tidak luput di dalamnya persoalan keimigrasian," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tanjunguban, Erwin Hariyadi.

Dijelaskan, adapun beberapa tujuan kegiatan ini agar dapat dilakukan deteksi dini, pencegahan dan penindakan berbagai hal kejadian negatif dari lalu lintas, keberadaan dan kegiatan orang asing berupa pelanggaran dan/atau kejahatan tindak pidana Keimigrasian dan bentuk tidak pidana kejahatan lainnya.

"Hal ini juga menjadi wadah tukar menukar informasi, dalam rangka pengumpulan bahan keterangan sebagai bahan pengambilan keputusan dalam menyusun kebijakan selanjutnya. Mengedepankan koordinasi dan sinergitas sebagai koridor dalam pengambilan keputusan dari setiap masalah yang berkembang," katanya.

Sementara itu, Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tanjunguban, Achmadin Kurniawan menyampaikan bahwa, operasi gabungan wilayah perairan ini menjadi momentum dan pengingat semua pihak.

"Bahwa pengawasan orang asing di wilayah perairan Bintan khususnya yang berada di Kecamatan Bintan Utara, Kecamatan Seri Kuala Lobam dan Kecamatan Teluk Sebong, sebagai tugas bersama," tegasnya.

Achmadi juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang selama ini telah bersama-sama berkomitmen untuk bahu membahu bersama Imigrasi Tanjunguban dalam upaya pengawasan terhadap orang asing.

Pelaksanaan operasi gabungan kali ini dilakukan di perairan Kecamatan Seri Kuala Lobam, Kecamatan Bintan Utara dan menyasar pulau-pulau kecil di sekitarnya dengan melibatkan sejumlah personil masing-masing instansi dengan menggunakan kapal Patroli Imigrasi Joesoef Adiwinata 3 dan Kapal Patroli Syahbandar Tanjunguban.

Editor: Yudha