Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Demonstrasi Sopir Taksi Batam Berakhir
Oleh : Ocep/Dodo
Selasa | 31-07-2012 | 17:06 WIB

BATAM, batamtoday - Ratusan sopir dan pelaku usaha pertaksian akhirnya menghentikan aksi unjuk rasa ke Kantor Wali Kota Batam setelah Kepala Dinas Perhubungan menerbitkan surat pernyataan pencabutan izin operasional Taksi Blue Bird.


Sekitar satu jam setelah Kadishub Batam Zulhendri menandatangani surat pernyataan, para koordinator aksi memberitahukan adanya surat pernyataan tersebut kepada para anggotanya.

Setelah menyampaikan hal itu, mereka meminta kepada para anggotanya untuk membubarkan diri dari Kantor Wali Kota.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Zulhendri telah mengeluarkan surat pernyataan pencabutan izin operasional Taksi Blue Bird.

Surat tersebut bernomor 1/PERNY-DISHUB/VII/2012 tertanggal 31 Juli 2012.

Merasa sudah mendapat kepastian tuntutannya dipenuhi, ratusan massa pengunjuk rasa pun berangsur meninggalkan lokasi demo.

Terlihat mereka saling menuju ke mobilnya masing-masing, menghidupkan mesin dan meninggalkan ruas Jalan Engku Putri yang sebelumnya dipenuhi mobil taksi.

Afdial, salah satu koordinator aksi mengatakan aksi mereka sudah berakhir hari ini.

"Dengan adanya surat pernyataan dari Dishub itu, kami sudah mendapat kepastian hitam di atas putih bahwa Pemko Batam akan mencabut izin Blue Bird," tuturnya.

Kepastian itu katanya yang membuat mereka belum membubarkan diri sejak siang meskipun dalam perundingan yang digelar beberapa jam sebelumnya,  Wali Kota Batam secara lisan sudah menegaskan akan mencabut izin operasi Blue Bird dalam tiga hari ke depan.

Dari pengamatan, saat ini ruas jalan Engku Putri sudah lancar, tidak lagi dipadati ratusan taksi berplat kuning.

Pihak Kepolisian sendiri terlihat sudah membuka blokade ruas jalan tersebut sehingga sudah bisa dilalui lalulintas umum.

Para pengunjuk rasa yang tadinya banyak duduk-duduk di pinggir jalan dan tidur-tiduran di teras depan Gedung Pemko dan DPRD Batam juga sudah tidak terlihat lagi.