Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Manajemen PT Citra Shipyard Dipanggil Pekan Depan

Terkait Laka Kerja, PPNS Wasnaker Kepri Kembali Datangi PT Buana Express Shipyard
Oleh : Aldy
Selasa | 09-08-2022 | 14:04 WIB
luka-bakar-evakuasi.jpg Honda-Batam
Karyawan PT Buana Express Shipyard, Tanjung Riau, Sekupang, Kota Batam, saat dievakuasi usai terkena ledakan tanki kapal pada Selasa (26/7/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Batam - UPT Pengawas Ketenagakerjaan (Wasnaker) Provinsi Kepri di Batam masih mengusut dua kecelakaan kerja yang terjadi pada Juli 2022 lalu, yakni di PT Citra Shipyard, Sei Lekop, Sagulung, dan PT Buana Express Shipyard, Tanjung Riau, Sekupang.

Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Wasnaker Kepri masih mendalami dan melakukan pengumpulan bahan keterangan dan bukti-bukti laka kerja, yang salah satunya merenggut nyawa seorang pekerja.

Kepala UPT Wasnaker Kepri di Batam, Aldy Almiral, menyampaikan, hari ini, PPNS Wasnaker kembali turun ke PT Buana Express Shipyard untuk menggali keterangan yang lebih rinci terkait laka kerja yang mengakibatkan seorang karyawan bernama Judika mengalami luka bakar di sekujur tubuhnya pada Selasa (26/7/2022).

"Terkait PT Citra Shipyard, masih dilakukan pemanggilan minggu depan. Kemarin sudah diambil keterangan oleh pengawas yang menangani," ujar Aldy Almiral, melalui sambungan WhatsApp, Selasa (9/8/2022).

Dikatakan Aldy, hasil pemeriksaan yang dilakukan PPNS Wasnaker di PT Buana Express Shipyard, masih belum dilaporkan kepadanya. "Hari ini pengawas turun kembali ke lapangan. Namun saya belum dapat keterangan lengkap, karena masih kumpulkan keterangan dulu," jelas Aldy.

Adapun dua laka kerja yang terjadi di bulan Juli lalu itu, mendapat perhatian serius dari Komisi IV DPRD Batam. Komisi IV menduga kecelakaan kerja ini terjadi akibat perusahaan tidak mematuhi aturan K3 dengan benar.

Hal ini disampaikan anggota Komisi IV DPRD Batam, Aman, setelah pihaknya mendapat informasi adanya kecelakaan kerja di PT Buana Express Shipyard, Tanjung Riau, Sekupang. Di mana, korban bernama Judika, mengalami luka bakar di sekujur tubuhnya usai terkena ledakan tanki kapal yang tengah perbaikan di perusahaan itu.

Kemudian, laka kerja di PT Citra Shipyad, Sei Lekop, Sekupang, menewaskan seorang pekerja RM (28), usai tersengat listrik lampu sorot. Diketahui, korban RM, saat itu tengah bekerja memperbaiki tongkang di bagian bawah.

"Laka kerja ini akan menjadi perhatian serius kami di Komisi IV," ujar Aman, Jumat (29/7/2022).

Editor: Gokli