Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ketua PPS Tanjung Unggat Temukan Calon Pemilih Ganda
Oleh : Agus/Dodo
Selasa | 31-07-2012 | 16:20 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Tanjung Unggat, Heri S Wijaya menemukan calon pemilih ganda, Selasa (31/7/2012) di Kantor KPU Tanjungpinang.


Menurut Heri, banyak sekali ditemukan calon pemilih ganda di masing-masing TPS, disebabkan kurangnya pendataan yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang dalam mendata nama-nama warga.

"Coba kita lihat banyak sekali ditemukan pemilih ganda yang mana masih dimasukan daftar pemilih oleh Disduk dan KPU. Itu yang kami protes agar dilakukan survei ulang," kata Heri.

Heri mengharapkan, tidak adanya kecurangan dalam pemilihan walikota Tanjungpinang, selain itu Heri  juga memberkan didaerahnya terdapat dua nama warga yang sudah meninggal masih terdata untuk memilih dan dua nama orang yang ganda dan pindah masih juga terdapat oleh Disduk dan KPU.

"Tidak adanya rasa tanggung jawab dari Disduk dalam menyerahan nama-nama warga yang memilih akan membawa masalah dan merugikan salah satu pasangan calon yang maju dalam Pilwako Tanjungpinang," kata Heri.

Heri juga menyatakan, dirinya sudah melakukan kros cek sebelum melakukan pertanyaan dan mengeluarkan staemen kepada Ketua KPU dan media yang hadir dalam pertemuan rapat kordinasi persiapan masing-masing PPS.

Di tempat terpisah, ketua Pokja Pendaftaran dan Pendaatan, Zulkifli Riawan menyatakan masukan yang terdapat dalam rapat akan diakukan kros cek kebenaranya jika ditemukan pemilih ganda, dan daftar nama orang yang telah meninggal kami telah meminta masing-masing PPS agar membatalkannya.

Namun, jika yang berasngkutan terdaftar di dua kecamatan atau kelurahan diminta untuk membatalkan salah satu TPS, yang ada.

"Untuk saat ini kita tampung aspirasi  yang masuk, dan natinya akan kami  bahas dalam rapat KPU dan Disduk dalam menetapkan nama-nama warga yang bakal memilih di Pilwako Tanjungpinang nantinya," kata Zul.