Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Media Punya Tanggungjawab untuk Ikut Mewujudkan Parlemen Modern
Oleh : I
Jumat | 05-08-2022 | 15:40 WIB
gathering_mandalika_b.jpg Honda-Batam

PKP Developer

orum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI bertajuk 'Perkuat Kolaborasi Media dan Parlemen, Wujudkan Parlemen Modern' di Hotel Raja Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (5/8/2022)

BATAMTODAY.COM, Lombok Tengah - Parlemen Modern bukan hanya menjadi tanggungjawab DPR saja untuk mewujudkan, tetapi menjadi tanggung jawab semua pihak, termasuk media yang tergabung dalam Koordinatorat Wartawan Parlemen (KWP). Hal itu demi terciptanya transparansi kinerja setiap Anggota DPR RI disetiap rapat-rapat di komisi.

Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR RI, Indra Iskandar saat memberikan sambutan dalam Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI bertajuk 'Perkuat Kolaborasi Media dan Parlemen, Wujudkan Parlemen Modern' di Hotel Raja Kuta Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (5/8/2022).

Menurut Indra, KWP diharapkan mampu memberikan informasi langkah dan tujuan dari Kesekretariatan Jenderal (Kesetjenan) DPR RI. Sebab untuk menciptakan Parlemen Modern menjadi tanggung jawab bersama.

"Kita tahu bahwa Anggota DPR RI menjabat selama 5 tahun berganti. Ada yang terpilih lagi, bisa juga tidak (terpilih), sehingga ini juga menjadi tanggung jawab kita,": tuturnya.

Terkait upaya menuju Parlemen Modern, Sekjan DPR Indra Iskandar memaparkan, langkah ini meliliki target dan tujuan yang jelas, yaitu mengetahui kinerja setiap anggota Dewan dalam bekerja menjalankan amanat konstitusi dan mengemban aspirasi rakyat.

"Untuk meraih itu, tentunya diperlukan beberapa indikator demi memajukan parlemen modern. Pertama transparansi, transparansi yang dimaksud yaitu agar media mudah dalam mengemban tugas sebagai, Selanjutnya, Teknologi informasi, maksudnya untuk membuka akses bagi masyarakat, dan yang terakhir fungsi reprentasi," ungkapnya.

Selain itu, Indra juga berharap KWP dapat membantu mewujudkannya, mengingat media dapat menjembatani langkah dan tujuan dari Parlemen Modern.

"Kita tahu hampir sebagian besar masyarakat tidak mengetahui anggota atau wakil mereka yang berasal dari dapilnya," sebutnya.

Sementara itu, Ketua KWP Marlen Sitompul mengatakan bahwa Parlemen Modern memiliki tujuan yang salah satunya untuk meningkatkan modernisasi dan transparansi sehingga jurnalis mampu bekerja lebih baik lagi.

"Adanya modernisasi dan transparansi ini tentunya akan mampu membuat kami awak media bekerja lebih santai lagi," ujar Marlen.

Editor: Surya