Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dinkes Tanjungpinang Gelar Roadshow Gerakan Masyarakat Hidup Sehat
Oleh : Devi Handiani
Kamis | 28-07-2022 | 17:56 WIB
senam-sehat-dinkes1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Roadshow Germas Dinkes Tanjungpinang di Kelurahan Dompak. (Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, melalui Puskesmas Seijang, mengadakan acara Roadshow Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Gedung Pertemuan Kantor Kelurahan Dompak, Kamis (28/7/2022).

Acara tersebut dilaksanakan sebagai ajang silahturahmi dan sarana promosi kesehatan bagi masyarakat.

Kepala Puskesmas Seijang, dr. Muhamad Paisal mengatakan kegiatan ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan dan digelar setiap bulannya pada kelurahan-kelurahan di wilayah kerja Puskesmas Seijang.

"Acara Roadshow Germas ini rutin dilaksanakan dan berpindah-pindah tempat," ungkapnya.

Roadshow Germas sendiri diikuti kader kesehatan, seluruh pegawai Kelurahan Dompak, Bhabinkamtibmas, RT/RW, warga Dompak dan mahasiswa STIKES Hangtuah Tanjungpinang.

Acara yang diadakan berbagai macam, seperti senam, penyuluhan kesehatan, pengobatan umum, skrining penyakit tidak menular (PTM), pemerikasaan gula darah, pemeriksaan virus mata dan skrining Tuberculosis (TB).

dr. Muhamad Paisal juga berharap acara ini dapat meningkatnya kesadaran masyarakat tentang gaya hidup sehat dengan cara meningkatkan aktifitas fisik secara teratur dan terukur.

"Seperti konsumsi sayur serta buah setiap hari, tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol serta melakukan deteksi dini penyakit secara berkala dengan cek kesehatan secara rutin dan olahraga, diet seimbang, istirahat yang cukup dan kelola stres dengan benar," jelasnya.

Di tempat yang sama, Lurah Dompak, Honggo Zulfikar mengaku, antusiasme masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini cukup tinggi. Artinya kata dia, kesadaran masyarakat dalam menjaga pola hidup sehat mulai tumbuh.

"Alhamdulillah masyarakat antusias sekali mengikuti acara Roadshow Germas ini. Karena memang, acara ini cukup banyak manfaatnya bagi kesehatan masyarakat itu sendiri," tambahnya.

Editor: Yudha