Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BNN Sita Barang Bukti 5 Kg Sabu

Kepala BNN Ungkap Kronologis Penggerebekan Rumah Industri Sabu di Batam
Oleh : Putra Gema Pamungkas
Kamis | 21-07-2022 | 17:57 WIB
3-tsk-sabu1.jpg Honda-Batam
Ekspose penangkapan tiga tersangka pengelola rumah industri sabu di Perumahan Sukajadi Batam, Kamis (21/7/2022). (Putra/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Badan Narkotika Provinsi (BNNP) Kepulauan Riau (Kepri) berhasil melakukan penggerebekan rumah industri narkotika jenis sabu di Perumahan Sukajadi, Kota Batam.

Kepala BNN RI, Komjen Petrus Reinhard Golose mengatakan, BNNP Kepri berhasil melakukan penindakan sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo terkait penindakan dan pencegahan peredaran narkotika.

Dijelaskan, kronologis penangkapan berawal pada 19 Juli 2022 lalu sekira pukul 10.00 WIB, di mana tim BNNP Kepri mendapati informasi adanya pabrik gelap narkotika jenis sabu di kawasan Perumahan Central Sukajadi Cluster Nirwana nomor 23.

"Mendapati informasi itu, tim langsung turun ke lokasi, dan benar saja mereka langsung berhasil menangkap dua orang pelaku di perumahan Sukajadi ini," kata Petrus di lokasi, Kamis (21/7/2022).

Lanjut Petrus, dari hasil penggerebekan tersebut, dua pelaku yang ditangkap adalah inisial MS (43) yang merupakan WN Malaysia, dan NS (47) WNI.

Tim BNN juga berhasil mengamankan barang bukti narkotika jenis sabu seberat 2.261 gram di atas tiga lembaran kertas dan satu buah tempat air warna bening yang di dalamnya berisi narkotika jenis sabu seberat 2.771 gram.

"Dari hasil pengembangan, tim kembali berhasil menangkap 1 pelaku lainnya yang merupakan WNI inisial AS di Perumahan Puri Selebriti Batam," ujarnya.

Atas perbuatannya, ketiga tersangka dikenakan Pasal 114 ayat (2), 112 ayat (2), Pasal 113 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) dan Pasal 129 huruf (a) dan (b), UU RI No. 35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman maksimal hukuman mati atau seumur hidup.

"Pengungkapan ini adalah hal yang luar biasa, saya apresiasi dan tangkapan ini merupakan hal yang sangat kami nanti-nanti. Dengan begitu saya sampaikan bahwa Kepala BNNP Kepri telah menjalankan tugas dengan serius dan tidak main-main," tutupnya.

Editor: Yudha