Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Disnakertrans Kepri Gelar Bimtek K3 Selama Dua Hari di Batam
Oleh : Redaksi
Sabtu | 16-07-2022 | 12:00 WIB
Bimtek-K3.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Pembukaan Bimtek K3 yang digelar Disnakertrans Kepri di Hotel Pacific Batam pada 14-15 Juli 2022. (Diskominfo Kepri)

BATAMTODAY.COM, Batam - Disnakertrans Provinsi Kepri melalui UPT Pengawasan Ketenagakerjaan Kota Batam, menggelar bimbingan teknis pelayanan keselamatan dan kesehatan kerja (Bimtek K3) di Ballroom Lantai II Hotel Pacific, Kecamatan Batuampar.

Bimtek ini merupakan aspirasi dari DPRD Kepri yang diselanggarakan pada 14-15 Juli 2022 dan diikuti sekitar 60 karyawan perwakilan berbagai perusahaan di Batam.

Bimtek yang menggandengn Kemnaker RI ini dibuka langsung Kepala Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan, Said Muhammad Idris. Ia menyampaikan, pentingnya penerapan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di tempat kerja sebagai upaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan aman, sehingga dapat mengurangi probabilitas kecelakaan kerja/penyakit akibat kelalaian yang mengakibatkan demotivasi dan defisiensi produktivitas kerja.

"Selanjutnya selaras dengan visi dan misi Gubernur Kepulauan Riau, yang mana saat ini Provinsi kepulauan Riau sedang berupaya meningkatkan investasi khususnya di bidang industri dan pariwisata. Apabila perusahaan-perusahaan yang berada di Provinsi Kepulauan Riau khususnya di Kota Batam telah menerapkan keselamatan dan kesehatan dengan baik sesuai prosedur K3 maka tentu akan berdampak dengan semakin bertambahnya minat investor asing untuk menanamkan modalnya di Indonesia khususnya di Provinsi Kepulauan Riau," katanya, demikian dikutip laman Diskominfo Kepri.

Bimtek K3 ini juga dihadiri Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kepri, Wahyu wahyudin; Perwakilan Kemnaker RI, Agus Subekti; KUPT Wasnaker Batam, Aldy Admiral, dan jajarannya.

Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kepri, Wahyu Wahyudin, menyampaikan kepada para peserta agar jangan ragu untuk melaporkan adanya insiden kecelakaan kerja atau kekurangan penerapan K3 di perusahaan.

"Bapak ibu jangan takut kalau pengawasan Disnaker Provinsi datang ke perusahaan untuk melakukan pengawasan. Kalau ada hal-hal yang membuat bapak ibu takut pada atasan, apabila ada kekurangan penerapan K3-nya diperusahaan, jangan takut untuk melaporkan, identitas bapak ibu akan dirahasiakan pengawasan," katanya.

"Pengawasan ini perlu diperketat, karena pengawasan ini juga bisa menghasilkan PAD Provinsi Kepri, untuk mengawasi TKA terkait IMTA-nya," imbuhnya.

"Dalam kesempatan ini, jangan sia-siakan. Bagi seluruh peserta yang hadir ini, kalian yang beruntung mengikuti kegiatan ini. Karena dari sekian banyak peserta yang mendaftar, kalian yang terseleksi," sambungnya.

Di sela penyampaian laporan kegiatan, Kepala UPT Wasnaker Batam, Aldy Admiral selaku Ketua Panitia tidak lupa mengucapkan terimakasihnya kepada Ketua Komisi II DPRD Provinsi Kepri, Wahyu Wahyudin yang yang telah membantu atas suksesnya acara Bimtek K3 tersebut.

"Berkat Pokir dari Pak Wahyudin lah acara ini terselenggara. Dan saya mengucapkan terima kasih banyak untuk beliau," katanya.

Aldy juga mengimbau kepada seluruh peserta Bimtek K3 agar pelatihan ini diikuti dengan seksama dan serius, benar-benar diperhatikan dan dimanfaatkan secara maksimal. Karena Bimtek ini sangat penting untuk baik bagi perusahaan maupun para karyawan.

"Pesan saya kepada peserta, jangan sia-siakan kesempatan Bimtek ini. Dan selanjutnya dapat mengimplementasikan hasil bimtek ini ke perusahaan masing-masing," pungkasnya.

Editor: Gokli