Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Muhadjir Effendy Berharap Moment Idul Adha Gerakkan Ekonomi Masyarakat
Oleh : Redaksi
Minggu | 10-07-2022 | 10:32 WIB
muhajir_effendi6.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy (Foto: Istimewa)

BATAMTODAY.COM, Bogor - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy berharap, moment perayaan Idul Adha bisa dijadikan sebagai momentum menambah gerakan ekonomi rakyat.

Sebab, umat dituntut ikut berbagi dalam kepedulian, penggerak roda ekonomi, dan mengubah situasi pandemi menuju endemi.

"Momentum berkurban ini, mengajarkan kita untuk saling berbagi dan membangkitkan kembali rasa empati kita kepada saudara yang kurang beruntung," ujar Muhadjir dalam keterangannya usai melaksanakan shalat Id di Muhammadiyah Boarding School (MBS) Ki Bagus Hadikusumo, Bogor, Sabtu (9/7/2022).

Dia mengungkapkan, kondisi global saat ini selain masih dibayangi pandemi Covid-19, adalah krisis pangan dan energi.

Bahkan, lanjut dia, kini penyelenggaraan kurban juga dibayangi dengan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) di hewan ternak.

Maka dari itu selain menjadi momen menggerakkan ekonomi, menurut Muhadjir, beberapa isu tersebut juga harus diperhatikan menyambut momen Idul Adha.

"Kita harus menghemat energi dan tetap waspada terhadap covid-19 dan PMK, karena sampai saat ini masih ada," kata Muhadjir.

Selain itu, Menko Muhadjir mengatakan, meskipun terdapat perbedaan mengenai pelaksanaan hari raya Idul Adha. Namun, dia mengimbau, agar masyarakat tetap melaksanakannya dengan khusyuk.

"Saya harap bisa dijalankan masing-masing, tidak perlu diributkan. Marilah kita laksanakan ibadah ini dengan penuh kekhsuyukan," ungkapnya.

Adapun Menko PMK turut menyerahkan 1 (satu) ekor sapi qurban melalui MBS Ki Bagus Hadikusumo Jampang, Bogor. Penyerahan secara simbolis dilakukan langsung oleh Menko PMK di Kampus 2 MBS Ki Bagus Hadikusumo.

"Semoga yang sedang ibadah Haji menjadi haji mabrur dan semoga kita di sini doanya dimakbulkan oleh Allah," tuturnya.

Editor: Surya