Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pimpin Upacara HUT Bhayangkara ke-76, Jokowi: Polri Harus Bertransformasi Menjadi Institusi Modern
Oleh : Putra Pamungkas
Selasa | 05-07-2022 | 09:36 WIB
upacara_hut-bhayangkara-76-polda-kepri-01.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Upacara HUT Bhayangkara ke- 76 di Lapangan Mapolda Kepri. (Putra/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Bhayangkara, Selasa (5/7/2022), Kapolda Kepulauan Riau (Kepri) Irjen Pol Aris Budiman beserta perwakilan unsur masyarakat Kepri mengikuti upacara serentak di seluruh Indonesia.

Pantauan di lapangan upacara Mapolda Kepri, upacara HUT ke-76 Bhayangkara --yang mulai pukul 08.30 WIB, dihadiri oleh seluruh PJU Polda Kepri, jajaran Forkopimda dan perwakilan tokoh masyarakat.

Upacara yang berlangsung secara serentak se-Indonesia, yang dilaksanakan secara virtual, Inspektur Upacara Presiden RI Ir Joko Widodo memimpin upacara secara langsung dari Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah.

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat hari Bahayangkara ke-76 kepada seluruh jajaran Polri di seluruh Indonesia.

"Atas nama rakyat, bangsa dan negara, saya sampaikan selamat hari Bhayangkara ke-76," ucap Presiden Jokowi.

Lanjut Jokowi, beberapa hari lalu terdapat hasil survey dari beberapa media yang menyatakan bahwa 58 persen tindakan Polri sudah sesuai dengan visi-misi program prediktif, responsibilitas, transparansi dan berkeadilan (Presisi).

"Tapi ingat, ada 42 persen yang belum selesai. Setiap kecerobohan apapun di lapangan, sekecil apapun dapat merusak kepercayaan masyarakat. Maka dari itu bekerjalah dengan hati-hati dan bekerjalah dengan Presisi," ujarnya.

Selain itu, Jokowi menyampaikan bahwa saat ini Indonesia masih terdapat beberapa permasalahan yang harus diselesaikan. Seperti pandemi Covid-19 serta ketidak pastian global.

"Tugas kita masih banyak, pandemi Covid-19 masih perlu penanggulangan yang serius. Yang kedua, kita harus waspada atas ketidakpastian global, krisis energi, krisis pangan dan krisis keuangan. Maka dari itu Polri harus terus menjaga kamtibmas di tengah masyarakat," ujarnya.

Tidak berhenti di situ, Jokowi juga mengingatkan Polri bahwa perkembangan teknologi saat ini semakin pesat. Maka dari itu, diharapkan agar Polri dapat menjaga dan menekan angka kriminalitas berteknoligi tinggi dengan cara Polri harus dapat lebih maju.

"Polri harus terus bertransformasi menjadi institusi modern dalam menjalankan tugasnya. Polri harus mengedepankan upaya pencegahan dalam upaya kamtibmas. Jadikan penegakan hukum menjadi upaya terakhir dan terus kedepankan Hak Asasi Manusia (HAM). Selamat bertugas," tutupnya.

Editor: Gokli