Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Puasa Sangat Baik Untuk Kesehatan
Oleh : Redaksi
Sabtu | 28-07-2012 | 10:27 WIB
Ilustrasi_Puasa_-_batamtoday.jpg Honda-Batam
Ilustrasi:buka puasa

BATAM, batamtoday - Bulan Ramadhan membawa berkah karena berpuasa dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Berbagai kesimpulan medis telah banyak diterbitkan untuk memastikan fakta tersebut. 


Demikian disampaikan Ketua Departemen Informasi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepri, H Abdurrahman, Sabtu(28/7/2012).

“Selain memberi energi kepada organ tubuh manusia, berpuasa juga dapat mengurangi efek zat berbahaya seperti bahan kimia dan menyerap kolesterol, dan itu sudah dibuktikan secara medis," katanya.

Selain itu, lanjut Abdurrahman, berpuasa juga bisa menambah jumlah sel darah putih dan meningkatkan daya tahan tubuh serta bisa menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan pisikologis. 

“Jadwal makan kita sudah diatur. Selain itu, beban organ tubuh kita akan berkurang pada siang hari,” katanya.

Sementara itu, pengurangan efek zat berbahaya seperti bahan kimia, karena selama berpusa makanan kita teratur, maka racun dalam tubuh akan bisa dibunuh oleh kekuatan tubuh manusia itu sendiri.

“Selama tidak berpuasa, semua jenis makanan masuk dan waktu makan pun terkadang tidak memiliki jadwal pasti yang bisa berakibat fatal terhadap kesehatan,” ucap Abdurrahman menjelaskan.

Selanjutnya, pengurangan kolesterol yang ada di tubuh manusia disebabkan selama berpuasa di siang hari makanan tidak ada yang masuk, sehingga penyerapan kolesterol untuk energi dilakukan organ tubuh manusia.

“Proses penyerapan itu akan bisa memperlancar aliran darah di tubuh kita yang tersumbat oleh penumpukan kolesterol selama ini,” sebutnya.