Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penggunaan Meteran Elektrik PLN Batam Tidak Wajib
Oleh : ocep
Jum'at | 27-07-2012 | 17:17 WIB

BATAM, batamtoday - PT PLN Batam tidak mewajibkan konsumennya menggunakan meteran listrik prabayar (meteran elektrik) sehingga bila ada yang keberatan dapat menggantinya dengan meteran konvensional.


Dadan Koerniadipoera, Direktur Utama PT PLN Batam mengatakan, pihaknya tidak pernah mewajibkan pelanggan menggunakan meteran elektrik yang menggunakan voucer.

"Kalau mau diganti, silahkan saja, kami tidak pernah mewajibkan pelanggan menggunakan meteran prabayar," ujarnya, Jumat (27/7/2012).

Dia mengakui, PLN Batam memasang meteran prabayar di perumahan-perumahan yang baru dibangun.

Hal itu dilakukan guna mempercepat pemasangan sambungan listrik ke pelanggan dan lebih efesien.

Namun demikian, bila ada yang keberatan, lanjutnya, pelanggan dapat meminta pergantian jenis meteran ke meteran konvensional atau jenis meteran yang saat ini masih digunakan sebagian besar pelanggan PLN Batam.

"Kalau mau ganti, silahkan ajukan ke PLN Batam," katanya.

Bila stok alat meteran konvensional masih tersedia di gudang, maka dipastikannya PLN Batam akan segera menggantinya.

Namun bila belum tersedia, dia memohon agar pelanggan yang bersangkutan menunggu sampai datangnya meteran konvensional ke gudang.

Dan saat ini, katanya, stok meteran konvensional masih kosong dan PLN Batam sendiri masih menunggu datangnya pengiriman.

Lebih jauh dia menjelaskan, meskipun meteran prabayar tidak memiliki biaya abodemen, namun dia meyakini penghitungan pemakaian daya listriknya tidak jauh berbeda dengan meteran konvensional.

Bahkan dia meyakini pelanggan akan lebih dimudahkan dengan penggunaan meteran prabayar karena bisa lebih cermat mengendalikan pemakaian listrik.

"Dan keluhan pelanggan yang menggunakan meteran prabayar lebih sedikit dibandingkan pelanggan yang menggunakan meteran konvensional, sambungnya.

Dimana kadang ditemui pelanggan yang menggunakan meteran konvensional mengeluh karena biaya rekening tidak sama dengan penghitungan meterannya.

Namun keluhan itu hampir tidak dialami pelanggan yang menggunakan meteran prabayar karena pelanggan menghitung pemakaiannya sendiri, lalu membeli voucer untuk menambah ketersediaan aliran listriknya.

"Sama seperti mengisi ulang pulsa handphone," ujarnya.

Selain di Kantor Pusat Pelayanan PLN Batam di kawasan Batam Center, lanjutnya, tempat pengisian ulang voucer listrik prabayar juga sudah banyak tersebar di berbagai perumahan dengan nominal yang lebih kecil, mulai Rp5 ribu sampai Rp100 ribu.