Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Curi Avtur Untuk Bahan Bakar Masak
Oleh : Hendra Zaimi/Dodo
Jum'at | 27-07-2012 | 14:25 WIB

BATAM, batamtoday - Reduanto Siadari, tersangka pencuri bahan bakar pesawat terbang (avtur) milik maskapai penerbangan Sky Aviation, mengaku kalau barang curian itu akan digunakan untuk bahan bakar memasak di rumah.


"Avtur itu akan saya gunakan untuk bahan bakar di rumah untuk memasak," ujar Reduanto kepada batamtoday di Satreskrim Polresta Barelang, Jumat (27/7/2012).

Aksi itu dilakukan tersangka setelah mendapatkan informasi dari salah satu temannya yang mengatakan avtur dapat digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak menggantikan minyak tanah.

"Teman saya bilang kalau avtur bisa dipakai untuk pengganti minyak tanah, makanya saya mencobanya," terangnya.

Gaji sebagai cleaning service di PT Arkad Bina Persada, lanjut Reduanto, tak mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari, termasuk untuk membeli tabung gas atau minyak tanah.

"Gaji tak cukup untuk biaya hidup, maka saya nekad curi avtur untuk bahan bakar memasak di rumah," lanjut warga Batu Besar ini.

Dalam menjalani aksi pencurian itu, tersangka mengambil avtur dan dimasukan ke dalam jirigen yang telah disediakan. Pencurian itu dilakukan dua kali dalam selang waktu tiga bulan.

"Saya curi avtur itu dengan cara membuka kran tangki bahan bakar pesawat, cukup buka saja krannya," jelasnya.

Sementara itu, Wakasat Reskrim Polresta Barelang, AKP Soeharnoko, menegaskan, pihaknya masih menyelidiki kasus ini dan meminta keterangan dari saksi dan korban.

"Kita masih menyelidiki kasusnya dan masih mempelajari apakah berpengaruh pada penerbangan maskapai tersebut," ujar Soeharnoko singkat.