Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Wow, Penduduk Finlandia Puasa 20 Jam Sehari
Oleh : Redaksi
Jum'at | 27-07-2012 | 10:45 WIB
helsinki.jpg Honda-Batam
Ibukota Finlandia, Hensinki. Foto:Finlandtourism

HELSINKI, batamtoday - Berapa jam berpuasa di Indonesia? Beruntung karena negara kita ini terletak di daerah tropis pada koordinat 6°LU - 11°08'LS dan dari 95°'BT - 141°45'BT. Sehingga Tanah Air tercinta kita ini memiliki durasi kemunculan dan tenggelam matahari yang hampir sama, antara 14 jam. 


Bagaimana dengan negara-negara lain di luar Indonesia? Mereka yang berada di kawasan Utara dimana matahari bisa saja bersinar lebih lama sehingga membuat siang yang superpanjang. Di Finlandia salah satunya. 

Berpuasa di negara asal ponsel Nokia ini memiliki tantangan tersendiri karena waktu siang hari jauh lebih lama dibandingkan waktu malam hari yang pendek.

Umat muslim di Finlandia menjalankan ibadah puasa kurang lebih selama 20 jam. Mereka melaksanakan sahur pada pukul 02:00 dini hari waktu setempat karena matahari terbit pukul 03:00.

Sementara, matahari tenggelam sekitar pukul 23:00 waktu setempat sehingga waktu berbuka puasa pada pukul 00:00. 

"Menurut orang disana, menjalani puasa yang cukup panjang itu terasa biasa-biasa saja. Sungguh luar biasa Tuhan menciptakan tubuh manusia yang begitu mudah untuk beradaptasi. Namun demikian, wajar jika seseorang merasa berat saat mengetahui pertama kali kenyataan tersebut. Rasanya nyali ini sudah ciut duluan mengingat durasi siang yang sangat mendominasi hari adalah hal yang tidak pernah terjadi di Indonesia," tulis Zenith Purisha mahasiswa Indonesia yang pernah merasakan ramadhan di Finlandia.