Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Amankan Dua Orang Terduga Pelaku Penganiayaan Jurnalis
Oleh : Redaksi
Sabtu | 18-06-2022 | 08:20 WIB
A-KEKERASAN-PERS.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Ilustrasi kekerasan terhadap wartawan. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Sukabumi - Polres Sukabumi menangkap pelaku penganiayaan wartawan online Jurnal Sukabumi yang sedang meliput di RSUD Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi beberapa waktu lalu. Diduga pelaku melakukan penganiayaan karena tidak mau keluarga pelaku yang terjatuh di jembatan wilayah Simpenan, Sukabumi diliput jurnalis.

"Pelaku penganiayaan wartawan dapat diungkap dan diamankan Polres Sukabumi," ujar Kapolres Sukabumi AKBP Dedy Darmawansyah di dampingi Wakapolres Sukabumi Kompol R Bimo Moernanda dan Kasat Reskrim polres Sukabumi AKP I Putu Asti Hermawan Santosa, Jumat (17/6/2022).

Kapolres beberkan pengungkapan penganiayaan seorang wartawan yang sedang melakukan peliputan berita korban yang terjatuh dari jembatan. Pelaku yang diduga melakukan penganiayaan terhadap wartawan tersebut berinisial AM (26 tahun) dan BS (46) yang keduanya warga di Kecamatan Simpenan.

Dedy mengungkapkan kedua terduga pelaku memiliki peran yang berbeda saat melakukan penganiayaan. Di mana terduga pelaku AM mendorong dan memukul menggunakan tangan kosong di kepala bagian kiri korban sehingga menimbulkan memar.

Sedangkan BS melakukan pemukulan sebanyak satu kali menggunakan tangan kosong ke punggung korban. "Kedua terduga pelaku memiliki peran yang berbeda saat kejadian dalam melakukan penganiayaan," cetus dia.

Diduga ungkap Dedy, motif para terduga pelaku melakukan penganiayaan terhadap seorang wartawan dikarenakan tidak terima keluarganya yang menjadi korban bencana terjatuh dari jembatan diliput dan diambil gambar. Namun ia menegaskan walaupun tidak suka untuk di ambil gambar tetap tindakan pemukulan tidak di perbolehkan.

Kasat Reskrim polres Sukabumi AKP I Putu Asti Hermawan Santosa menambahkan, terduga pelaku AM dan BS masih hubungan keluarga dan diamankan di kediamanya masing-masing. Walaupun diduga sempat berniat akan melarikan diri namun berhasil di amankan.

"Terduga pelaku AM dan BS masih hubungan keluarga dan di amankan di kediamanya masing-masing," kata I Putu Asti. Seperti diketahui penganiayaan terjadi terhadap seorang wartawan Jurnal Sukabumi bernama Ilham Nugraha (27) yang sedang bertugas meliput korban yang terjatuh dari jembatan di RSUD Palabuhanratu beberapa waktu lalu.

Sumber: Republika
Editor: Dardani