Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bulan Ramadhan, Pengurusan e-KTP di Seibeduk Menurun
Oleh : Gokli/Dodo
Kamis | 26-07-2012 | 16:22 WIB

BATAM, batamtoday - Pengurusan e-KTP di Kantor Camat sejak bulan Juni lalu selalu dipadati antrian warga. Namun, pada bulan Ramadhan ini, antrian tersebut sedikit berkurang bahkan jauh menurun dari biasanya. Seperti yang terjadi di Kecamatan Seibeduk, selama Ramadhan hanya sekitar 400 orang perhari yang datang. Sebelumnya sempat mencapai 600 bahkan 700 orang.


Ditemui di Kantor Camat Seibeduk, Soleh selaku Kepala Pelayanan Umum mengatakan selama bulan Ramadhan terjadi penurunan pengurus e-KTP, terutama di siang hari. Mungkin, karena cuaca yang sangat panas atau mungkin karena kesibukan masing-masing warga. Namun yang pasti terjadi penurunan dari biasanya.

"Bisanya kita layani sekitar 600 sampai 700 orang, namun selama Ramadhan hanya sekitar 400 orang yang datang," katanya.

Sejauh ini, kata Soleh, di Kecamatan Seibeduk jumlah penduduk yang terekam data e-KTP mencapai 16.601 jiwa sampai dengan data terakhir, Rabu (25/7/2012) malam. Sehingga, kemungkinan besar target sampai bulan Oktober pengurusan e-KTP akan tercapai dan jumlah wajib KTP akan terekam data e-KTP.

"Dari jumlah yang sudah terdata ini, kemungkinan besar bulan Oktober sesuai dengan target warga Seibeduk sudah terekam data e-KTP," katanya.

Ditambahkannya, untuk pelayanan malam perekaman data e-KTP di Kecamatan Seibeduk dilakukan setelah habis shalat Tarawih yakni sekitar pukul 21.00 WIB sampai dengan pukul 23.00 WIB. Namun, jadwal ini berlaku selama bulan Ramadhan saja.

"Yang paling banyak itu pagi, kalau sudah siang dan malam biasanya sudah sepi. Warga diharapkan sebelum melakukan perekaman data terlebih dahulu mengambil nomor antrian di kantor camat, supaya ketertiban bisa terjamin," terangnya.