Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Safari Ramadhan Wali Kota

Warga Belakang Padang Minta Pemko Bangun Penahan Ombak
Oleh : Humas Batam/Dodo
Kamis | 26-07-2012 | 14:22 WIB

BATAM, batamtoday - Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan menggelar safari Ramadhan di Masjid An Nahar, Kelurahan Sekanak Raya, Belakang Padang bersama dengan rombongan, Rabu (25/7/2012) malam.


Bersama dengan Kementrian Agama Kota Batam dan sejumlah SKPD, Dahlan melaksanakan buka puasa bersama dilanjutkan shalat Isya dan Tarawih berjamaah bersama warga di masjid tersebut.

Kedatangan Dahlan dan rombongan sangat dinantikan masyarakat, dari mulai anak-anak sampai dengan orang tua. Bahkan mahasiswa Universitas Gajah Mada yang melaksanakan KuliahKerja Nyata (KKN) ikut menyambut kedatangan orang nomor satu di Batam ini.

Menjelang berbuka, acara diisi dengan ceramah oleh H Nabhan tentang Do’a itu amat bermanfaat dengan izin  Allah. Manfaat do’a ada dalam tiga keadaan sebagaimana yang disebutkan dalam hadits yang artinya, “Tidaklah seorang muslim memanjatkan do’a pada Allah selama tidak mengandung dosa dan memutuskan silaturahmi melainkan Allah akan beri padanya tiga hal yakni Allah  akan segera mengabulkan do’anya, Allah akan menyimpannya baginya di akhirat kelak, dan Allah akan menghindarkan darinya kejelekan yang semisal.

Setelah berkumandangnya adzan Maghrib, rombongan Wako menikmati sajian berbuka dari masyarakat Belakang Padang utamanya minuman khasnya yang sangat terkenal yaitu cendol Belakang Padang.

Dalam kesempatan tersebut, pengurus Masjid An Nahar, Amri Bedu, mengeluhkan tentang kebocoran yang terjadi pada Waduk (Dam) air mereka, karena ditakutkan jika dam tersebut bocor terus maka akan terjadi krisis air di Belakang Padang.

Selain itu, warga mengeluhkan tentang keberadaan lapangan Indra Sakti yang sering banjir jika hujan. Harapan masyarakat Belakang Padang tentang abrasi pantai hingga ke areal pemakaman umum Belakangpadang juga dapat diatasi oleh pemerintah. Warga berharap Pemko Batam bisa membangun tembok pengaman ombak sehingga abrasi dapat dicegah.

Wali Kota Batam Ahmad Dahlan merasa bangga dengan keberadaan Sekanak Raya yang sedemikian majunya. Menanggapi permintaan pengurus Masjid An Nahar, Dahlan mengatakan perbaikan Waduk (Dam) tersebut  akan dianggarkan di tahun 2013. Dahlan berharap suatu saat dialirkan air dari Batam ke Belakang Padang, sehingga permasalahan air dapat teratasi. Mengenai lapangan Indra Sakti, Dahlan mengatakan bahwa perbaikannya telah dianggarkan di 2012 melalui APBD-P.

"Semoga setelah diperbaiki lapangan Indra Sakti tampilannya seperti dataran Engku Putri, sehingga dapat menampung semua kegiatan warga," harap Dahlan.

Terkait permasalahan abrasi areal pemakaman,  Dahlan merasa penting dan sangat memperhatikan areal pemakaman. Dahlan menginstruksikan Dinas Sosial dan Pemakaman untuk menganggarkan pembuatan batu miring atau penahan ombak agar abrasi yang terjadi di daerah pemakaman dapat dihindari.

Dalam kesempatan tersebut, Dahlan menghimbau kepada warga Belakang Padang untuk segera melakukan rekam data untuk e KTP, karena hal tersebu tmerupakan program dari pemerintah pusat dengan batas waktu sampai dengan bulan Oktober.

"Rekam data tersebut sebagai acuan bagi data-data selanjutnya, contoh kartukredit atau pasport," ungkap Dahlan.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan bantuan Wako kepada Masjid An Nahar yang diwakili Amri Bedu sebesar Rp5 juta sebagai bantuan pembangunan  fisik masjid. 

Kemudian Dahlan dan rombongan mengikuti shalat Taraweh berjamaah bersama warga Sekanak Raya.