Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bulan Puasa, Penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang Sepi
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Kamis | 26-07-2012 | 13:30 WIB

BATAM, batamtoday - Selama bulan puasa, terjadi penurunan jumlah penumpang di Pelabuhan Domestik Sekupang. Diperkirakan akan mengalami lonjakan seminggu sebelum lebaran.


Pantauan batamtoday pada Kamis (26/7/2012) di ruang keberangkatan pelabuhan domestik sangat sepi. Ruang tunggu penumpang juga terlihat sepi, hanya beberapa orang saja yang menunggu jadwal keberangkatan.

Hal itu dikeluhkan oleh operator kapal Marina. Mereka mengeluhkan penurunan jumlah penumpang selama bulan puasa. Kapal yang berangkat tujuan ke Tanjung Batu dan Tanjung Balai Karimun hanya membawa 5 sampai 6 orang penumpang saja.

"Penumpang sepi, sekali berangkat cuma 5 sampai 6 orang saja. Sepi banget. Masih lebih ramai penumpang saat hari biasa," ungkap penjual tiket yang bertugas di counter Marina.

Dia juga menambahkan, biasanya akan terjadi lonjakan penumpang beberapa hari menjelang lebaran yakni arus penumpang mudik lebaran.

"Ramainya itu pas menjelang lebaran. Sekitar seminggu atau empat hari sebelum lebaran, penumpang akan membludak," katanya.

Sementara itu, Erwin S, syahbandar Pelabuhan Sekupang yang dikonfirmasi melalui telepon juga mengatakan hal senada, bahwa pada bulan puasa terjadi penurunan jumlah penumpang.

"Akan ramai menjelang Hari Raya nanti," kata Erwin.

Dia juga menjelaskan, untuk penambahan armada masih belum bisa dipastikan. Masih menunggu hasil rapat gabungan pada hari Rabu minggu depan dengan pihak-pihak terkait.

"Penambahan armada mudik lebaran masih menunggu hasil rapat nanti," ujarnya.