Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pasien Covid-19 di Batam Rata-rata Mengidap Penyakit Bawaan, Ada HIV dan Diabetes
Oleh : Irwan Hirzal
Jum\'at | 10-06-2022 | 13:28 WIB
Didi-Kadinkes-BTM.jpg Honda-Batam
Kapala Dinas Kesehatan Batam, Didi Kusmarjadi saat ditemui di RSUD Embung Fatimah, Batuajai, Kamis (9/6/2022). (Foto: Irwan Hirzal)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sudah dua bulan terakhir pasien aktif Covid-19 di Kota Batam, cenderung di bawah 10 orang. Tetapi, pasien terkonfimasi positif itu rata-rata mengidap penyakit bawaan seperti HIV, diabetes dan penyakit lainya.

Namun akhir-akhi ini pasien Covid-19 di Batam didominasi mengidap penyakit human immunodeficiency virus (HIV). Hal ini diungkap Ketua Bidang Kesehatan Tim Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Batam, sekaligus Kapala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Batam, Didi Kusmarjadi.

"Sekarang yang banyak terinfeksi Covid-19 memiliki riwayat penyakit bawaan terutama pengidap HIV," ujar Didik usai menghadiri acara penyaluran sembako oleh Baznas di Rumah Sakit Umum Daerah Embung Fatimah (RSUD-EF) Batu Aji, Kamis (9/6/20220).

Selain itu, pengidap penyakit HIV rata-rata memiliki system kekebalan tubuh yang sangat lemah. Hal itu mengingat merekat belum mengikuti program pemerintah yaitu vaksinasi.

Didi kembali mengingatkan masyarakat untuk dapat melakukan vaksinasi dalam rangka meningkatkan kekebalan tubuh secara aktif terhadap suatu penyakit. "Rat-rata mereka teinfeksi memiliki usia yang relatif muda 20-25 tahun. Karena mereka ditemukan belum mendapatkan vaksin. Dan kami terus mendorong masyarakat untuk melakukan vaksinasi," ujanya.

Di samping itu, Didi juga mengimbau untuk tetap tingkatkan protokol kesehatan, meski saat ini masyarakat sudah diperbolehkan tidak menggunakan masker di ruangan terbuka. hal tersebut merupakan langkah awal memulai transisi dari pendemi ke endemi.

"Tinggal menunggu deklarasi pemeritah saja merupa pendemi menjadi endemi. Kita sudah bisa buka masker dan hidup seperti biasa," jelas Didi.

Editor: Gokli