Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Calo Tiket Kapal Pelni Mulai Beraksi
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Kamis | 26-07-2012 | 12:20 WIB

BATAM, batamtoday - Menjelang mudik Lebaran, calo tiket kapal Pelni mulai beraksi di Pelabuhan Domestik Sekupang. Mereka menawarkan tiket seat dengan harga yang lebih tinggi dibanding dengan harga resminya.


Pantauan batamtoday pada Kamis (26/7/2012), beberapa orang calo berkeliaran di kantor Pelni, Sekupang. Mereka menawarkan tiket mudik lebaran yang berangkat sebelum lebaran yakni tanggal 13 Agustus mendatang. Begitu memasuki kantor Pelni di Sekupang, calo yang sudah menunggu langsung mendatangi calon penumpang.

"Cari tiket mas, tujuan kemana," kata pria yang mengenakan baju kaos tersebut.

Pria yang memegang setumpuk tiket tersebut berusaha untuk merayu calon penumpang dengan mengatakan kalau dia memiliki tiket ekonomi yang seat atau memiliki tempat tidur karena kalau membeli tiket di konter, sudah tidak ada lagi yang ada tempat duduknya (seat).

"Ini ada tiket seat. Kalau beli di dalam sudah tidak ada tiket yang seat lagi," ungkap pria berperawakan sedang itu.

Dia menawarkan harga tiket yang lebih mahal. Untuk tujuan ke Jakarta Rp350 ribu, padahal harga resmi Rp263 ribu. Bahkan dia memberikan nomor hape untuk bisa dihubungi apabila membutuhkan tiket mudik karena dia menyediakan tiket mudik lebaran.

"Kalau nanti mau beli tiket bisa menghubungi ke nomor saya saja ya," katanya sambil menyebut nomor handphone.