Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Panwascam Tanjungpinang Timur Temukan 494 DPT Ganda
Oleh : Charles/Dodo
Rabu | 25-07-2012 | 17:28 WIB

TANJUNGPINANG, batamtoday - Panitia Pengawas Kecamatan Tanjungpinang Timur menemukan 494 orang data pemilih Ganda berdasarkan Daftar Peserta Pemilih Pemula Potensial (DP4) yang diserahkan KPU ke Panwas Kota Tanjungpinang. 


Ketua Panwas Kota Tanjungpinang, Mas Furqon, yang dikonfirmasi batamtoday pada Rabu (25/7/2012) mengatakan, penemuan itu dilakukan berdasarkan pencatatan nama dan alamat masing-masing warga, yang kemudian dikombinasikan dalam satu perangkat lunak komputer pencacah. Dan menandakan, jika dari ribuan nama pemilih di DP4 itu terdapat 494 identitas pemilih yang sama.

"Atas temuan ini, selanjutnya Panwascam melakukan survei dan pengecekan secara acak ke masing-masing lokasi identitas dan alamat warga, dan menyatakan jika dari beberapa sampel yang dilakukan tetap ditemukan warga yang sama dan memiliki dua identitas dengan alamat yang berbeda," ujarnya.

Selanjutnya, dengan temuan itu, pihak Panwas Kota Tanjungpinang, melaporkan hal tersebut ke KPU Tanjungpinang agar dilakukan verifikasi faktual pada DP4 yang saat ini masih dicacah dan dilakukan verifikasi itu.

"Kami sudah memberitahukan hal itu, ke KPU melalui surat, agar dapat diperbaiki sebelum Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada 3 Agustus 2012 nanti diumumkan, hingga manipulasi suara dalam Pilwako di Tanjungpinang, dapat kita minimalisir," sebut Furkon.

D itempat terpisah, Ketua Pokja DPT KPU Kota Tanjungpinang, Zulkifli Riawan yang dikonfirmasi batamtoday atas temuan ini, membenarkan hal tersebut. Saat ini, data tersebut, akan kembali diverifikasi faktual oleh PPK dan PPS di tingkat kelurahaan hingga RT dan RW.

"Tetapi, kami juga belum tahu, bagai mana pelaksanaan, pendataan dan pencacahan yang dilakukan Panwas, karena saat kami tanya ke PPK dan PPS anggota Panwas tidak ada yang turun ke masing-masing lokasi," sebutnya.

Namun demikian, Zulkifli tetap menyatakan akan menerima dan mengkoordinasikan temuan yang dilakukan, khususnya sampai saat ini masih berlangsung pelaksanaan verifikasi faktual Daftar Pemilih Potensial di masing-masing PPK dan PPS yang ada di Tanjungpinang.