Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bernasib Seperti RI, Anggaran Subsidi Malaysia Meroket
Oleh : Redaksi
Sabtu | 04-06-2022 | 09:04 WIB
A-KUALA-LUMPUR.jpg Honda-Batam
Menara kembar di Kuala Lumpur Malaysia. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Lonjakan anggaran subsidi tidak hanya terjadi di Indonesia. Negara tetangga, Malaysia, ternyata kini juga mengalami nasib hampir serupa.

Seperti dilansir dari Reuters, Jumat (3/6/2022), Kementerian Keuangan Malaysia menyebutkan anggaran subsidi diperkirakan melonjak jadi 30 miliar ringgit atau setara US$ 6,84 miliar.

"Pemerintah saat ini berencana untuk meningkatkan subsidi melalui pendekatan yang lebih tepat sasaran untuk meningkatkan efisiensi pengeluaran dan meminimalkan kebocoran sambil memastikan subsidi mencapai kelompok sasaran dan mencapai tujuan yang diinginkan," kata kementerian tersebut.

Padahal, sebelumnya pemerintah Malaysia hanya menganggarkan 4 miliar ringgit hingga akhir tahun. Peningkatan subsidi hingga 6.500% itu diambil demi menjaga daya beli masyarakat kendati di sisi lain, penerimaan negara tertekan dalam pemenuhan subsidi.

Situasi ini tidak terlepas dari tingginya harga minyak dunia beserta komoditas lainnya sebagai imbas perang Rusia dan Ukraina yang meletus sejak akhir Februari 2022.

Perlu diketahui, kenaikan harga minyak dunia yang signifikan telah memaksa hampir seluruh negara untuk menaikkan harga bahan bakarnya. Hal tersebut turut memicu gelombang inflasi di banyak negara sehingga masing-masing pemerintah tengah sibuk meracik kebijakan ekonomi untuk mengendalikan hal tersebut.

Sumber: CNBC Indonesia
Editor: Dardani