Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Polisi Masih Selidiki Penyebab Kebakaran Empat Ruli
Oleh : Gokli/Dodo
Rabu | 25-07-2012 | 15:02 WIB

BATAM, batamtoday - Penyebab kebakaran empat rumah liar (ruli) di Kampung Pasir RT02/RW16 Buliang, Batuaji masih belum diketahui. Polisi Sektor (Polsek) Batuaji masih melakukan penyelidikan.


Kapolsek Batuaji, Kompol Tua Turnip saat dihubungi mengatakan penyebab kebakaran empat rumah kemarin sore masih mereka selidiki. Saat ini beberapa saksi sudah dimintai keterangan.

"Masih tahap penyelidikan, penyebabnya belum bisa dipastikan," jelas Turnip singkat.

Informasi yang dihimpun di lapangan, api yang melahap keempat ruli tersebut berasal dari salah satu rumah di bagian tengah yang disebut miliknya Suging Ginting. Dimana pada saat kejadian, istrinya Aisyah tewas karena tak sempat menyelamatkan diri.

Memang, sebelumnya Asiyah kata beberapa warga sudah lama menderita sakit stroke dan selama itu juga dia hanya bisa berdiam diri di dalam rumah tanpa bisa melakukan aktivitas.

"Saya lihat apinya berawal dari rumah pak Ginting yang ada di bagian tengah. Tapi, penyebabnya saya tak tahu," kata Desiani salah satu korban yang pertama melihat kejadian.

Dilihat dari beberapa penyebab kebakaran, kebanyakan berasal dari arus pendek listik. Namun, khusunya di daerah Kampung Pasir RT02/RW16 belum dialiri listrik PLN. Warga di daerah tersebut hanya mendapat sumber penerangan dari Genset, yang mana Genset tersebut hidup sekitar pukul 17.00 WIB.

"Kalau pengaruh arus pendek kayaknya tak mungkin mas, warga disini hanya pakai genset, itupun dihidupkan sekitar pukul 17.00 WIB. Sementara kejadian sekitar pukul 15.00 WIB," kata Pendi salah seorang warga.