Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Distribusi Sembako di Pulau Berhala Tak Merata, Warga Datangi DPRD
Oleh : Juhari
Rabu | 25-07-2012 | 13:20 WIB

LINGGA, batamtoday -  Warga Dusun 1 Pulau Lalang, Desa Berhala, Kecamatan Singkep mendatangi kediaman M Noer, anggota DPRD Lingga untukmemrotes pembagian sembako yang tak merata di desa tersebut, Selasa (24/7/2012).


Warga menyebut dari dua dusun yang terdapat di Desa Berhala, hanya satu dusun saja yakni Dusun 2 saja yang selalu mendapat jatah sembako. Padahal jumlah penduduk Dusun 1 sebanyak 130 KK, lebih banyak dari Dusun 2 yang dihuni sekitar 42 KK saja.

H. M. Noer angota komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Lingga, membenarkan adanya masyarakat Pulau Lalang mendatangi rumahnya yang melaporkan tentang pembagian sembako yang tidak merata di kedua dusun tersebut. 

"Saya respons pengaduan mereka dan akan segera saya pertanyakan ke Camat Singkep," kata dia.

Sementara itu, Encik Syarief selaku kepala Desa Pulau Berhala mengatakan sebelum pembagian paket sembako dilaksanakan dirinya sudah menyampaikan dalam pertemuan dengan perangkat Desa dan BPD agar dapat membagikan minimal 20 persen kepada warga Pulau Lalang yang jumlah KK-nya lebih banyak. 

"Namun upaya saya untuk berlaku adil ditolak oleh wakil BPD, mereka tidak terima kalau paket tersebut dibagikan kepada masyarakat Pulau Lalang. Mengenai permasalahan ini, sudah saya sampaikan kepada camat untuk dapat memberikan masukan," kata Encik Syarief..

Dia melanjutkan bantuan sosial (bansos) yang dijadikan beberapa paket sembako bagi warga Desa Pulau Berhala merupakan bantuan rutintahunan, yang sudah dianggarkan dalam APBD Lingga sebesar Rp100 juta sebagai dana hebah yang dicairkan lewat DP2KA. Namun setelah dijadikan beberapa jenis paket sembako, dibagikan tidak merata.

Camat singkep Kisan Jaya, menyampaikan, dirinya akan berupaya mengambil langkah-langkan antisipasi hal tersebut.

"Masih ada cara lainnya untuk membantu masyarakat Pulau lalang, tadi siang kita dapat informasi ada sedikit bantuan, demi kebersamaan bantuan yang akan kita terima akan kita salurkan ke masyarakat Dusun Pulau Lalang," kata Kisan kepada batamtoday.