Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tingkatkan Layanan Kesehatan, RSUD M Sani Karimun Teken MoU dengan RSBP Batam
Oleh : Freddy
Sabtu | 28-05-2022 | 18:04 WIB
teken-MoU-Kesehatan.jpg Honda-Batam
Plt Direktur RSUD Muhammad Sani Karimun, Dr Rosdiana saat menandatangani MoU dengan Direktur RSBP Batam, dr Afdhalun Hakim, disaksikan Kepala BP Batam, Muhammad Rudi dan Bupati Karimun, Aunur Rafiq di Gedung Nasional Karimun, Jumat (27/5/2022). (Ist)

BATAMTODAY.COM, Karimun - Pemerintah Kabupaten Karimun, melalui RSUD Muhammad Sani menjali kerja sama dengan RSBP Batam, dalam bidang pelayanan kesehatan.

Hal itu ditandai dengan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) antara Plt Direktur RSUD Muhammad Sani-Karimun, Dr Rosdiana dengan Direktur RSBP Batam, dr Afdhalun Hakim di Gedung Nasional Karimun, Jumat (27/5/2022).

Penandatanganan MoU ini juga disaksikan Bupati Karimun, Aunur Rafiq dan Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, yang diselaraskan dengan acara ramah tamah.

Bupati Karimun, Aunur Rafiq, mengatakan, menyambut baik adanya kerja sama antara RSUD Muhammad Sani Karimun dan RSBP Batam. "Kami sangat menyambut baik atas adanya penandatanganan MoU ini, adanya penandatanganan ini tentu saja akan kembali memperkuat kerja sama antara rumah sakit terbaik di masing-masing daerah yang sudah terjalin selama ini," kata Aunur Rafiq.

Ia menjelaskan, salah satu poin utama dalam MoU tersebut adalah memperkuat kerja sama menyangkut tentang pasien rujukan dari Karimun ke RSBP Batam yang selama ini, RSBP Batam sebagai rumah sakit yang menjadi rujukan bagi pasien asal Karimun yang membutuhkan pengobatan intensif.

"Banyak pasien asal Karimun yang dirujuk ke RSBP Batam, melalui MoU ini proses rujukan pasien-pasien kita seperti dengan program BPJS akan semakin dipermudah," katanya.

Selain itu, Aunur Rafiq menambahkan, melalui MoU tersebut juga untuk mendorong peningkatan fasilitas dan pelayanan kesehatan serta memperkuat jalinan silaturahim antara dokter atau tenaga kesehatan di kedua rumah sakit.

"Pada dasarnya MoU yang dilakukan tersebut sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk mempermudah masyarakat kita yang membutuhkan pengobatan," tandasnya.

Sementara Wali Kota/Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, mengaku sangat menyambut baik penandatanganan MoU di bidang kesehatan tersebut. "Kami sangat menyambut baik karena inilah yang kami mau agar bagaimana masyarakat kita khususnya dari golongan ke bawah tidak lagi sulit mendapat pengobatan," ungkap Muhammad Rudi.

Ia menyampaikan, melalui MoU tersebut pihaknya mengundang secara langsung dokter dan tenaga kesehatan di RSUD Muhammad Sani untuk studi banding ke RSBP Batam. "Saya ingin setelah penandatanganan ini Direktur dan jajaran RSUD Muhammad Sani Karimun bisa studi ke RSBP Batam untuk bertukar pengetahuan dan informasi yang tak lain agar kualitas fasiltas dan pelayanan kesehatan bagi masyarakat semakin meningkat," saran Kepala BP Batam.

Muhammad Rudi, menyampaikan, dilakukannya MoU tersebut sejalan dengan rencana pihaknya untuk membangun rumah sakit bertaraf internasional di Kota Batam. "Hadirnya rumah sakit bertaraf internasional di Batam nantinya akan dapat memberikan multiplier effect yang nyata ke Karimun bahkan juga se-Kepulauan Riau," tutu Kepala BP Batam.

Editor: Gokli