Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Luhut Sebut Hutang RI Tembus Rp 7 Ribu Triliun Masih Kecil
Oleh : Redaksi
Sabtu | 28-05-2022 | 12:52 WIB
A-LUHUT-APDESI_jpg2_(1)_jpg2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Luhut Binsar Pandjaitan saat menghadiri kegiatan Apdesi saat menyampaikan dukungan Jokowi menjadi presiden 3 periode. (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Meskipun saat ini utang Indonesia tercatat Rp 7.000 ribu triliun, namun jumlah itu menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan terbilang masihlah kecil.

“Ya utangnya memang Rp7.000 triliun tapi itu masih kecil, 41 persen dari PDB kita. Jadi ndak ada masalah. Dan kita salah satu utang yang terkecil di dunia ini," tegas Luhut dalam Dies Natalis GAMKI ke-60 yang ditayangkan via akun Youtube GAMKI Balikpapan, Kamis (26/5/2022).

 

Diketahui bahwa sesuai dengan aturan UU No 17/2003 tentang Keuangan Negara memperbolehkan Indonesia berhutang sebesar 60 persen terhadap PDB.

Oleh karena itu, Luhut meminta agar masyarakat jangan salah menilai mengenai utang RI yang dikatakan membengkak. Dia pun menambahkan sejumlah indikator ekonomi tanah air pun kian membaik pascapandemi Covid-19. Misalnya tingkat pengangguran hingga capaian dari realisasi investasi Indonesia.

"Jadi ini data. Jadi saya kira kalau nanti teman-teman GAMKI, orang tanya banyak pengamat-pengamat asal bunyi asal nyinyir itu suruh lihatin aja data ini. Nah dia bisa berdiskusi. Makanya saya suka kadang-kadang, suka nantang datang ke mari, bawa angkamu, datamu, kita lihat siapa yang benar," tambahnya.

Sumber: RMOL
Editor: Dardani