Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bantu UMKM, Desperindag Sediakan Pusat Oleh-oleh di MB2 Batam
Oleh : Pascalis RH
Rabu | 18-05-2022 | 15:24 WIB
kadisperindag_gustian-riau-012.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kadisperindag Kota Batam, Gustian Riau. (Pascalis/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam tengah menyediakan pusat oleh-oleh Batam di Mall Botania 2 (MB2) Batam Center.

Menurut Kadisperindag Kota Batam, Gustian Riau, pusat oleh-oleh yang disiapkan akan melibatkan seluruh pelaku UMKM di Kota Batam. Untuk lokasinya besar kemungkinan akan bertempat di MB2.

"Namanya Sentra UMKM Kota Batam, rencana di MB2," kata Gustian melalui selularnya, Rabu (18/5/2022).

Lokasi Sentra UMKM, kata dia, akan diisi dengan berbagai macam produk UMKM, mulai dari makanan dan minunan, kerajinan, batik Batam dan lain sebagainya. "Untuk tempat nantinya akan digratiskan selama 3 atau 5 bulan," terangnya.

Syarat UMKM yang bisa bergabung, kata Gustian, akan melalui seleksi. UMKM yang memiliki produk yang sering dijadikan oleh-oleh, dipastikan akan ada di lokasi tersebut. Sentra UMKM itu nantinya akan berada di Kios MB2 dan tenan-tenan.

"Kami akan panggil seluruh UMKM di Batam untuk diseleksi, di Batam ada 1.600 lebih UMKM. Jadi yang bisa berjualan di sana, hanya UMKM yang terpilih saja," jelas Gustian.

Sementara Promotion Events Manager Mall Botania 2, Hellintar, membenarkan rencana MB2 akan dijadikan pusat oleh-oleh di Batam. Karena itu, harus ada desain dan konsep seperti apa nantinya UMKM itu agar bisa menarik kunjungan wisatawan.

"Benar, pembahasaan awal. Kedepannya kami akan menyusun konsep dan desain dari pusat oleh-olet," ungkapnya.

Menurut dia, lokasi UMKM itu nantinya berada di lantai 2 Mall Botania 2. Ada belasan kios ukuran besar dan tenan yang disiapkan untuk lokasi Sentra UMKM tersebut.

"Harapan kami, lokasi tersebut bisa menjadi pergerakan ekonomi di Batam karena melibatkan para UMKM," pungkas Lintar.

Editor: Yudha