Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Semester Pertama, 25 Juta Penumpang Dilayani Bandara Changi
Oleh : Redaksi
Selasa | 24-07-2012 | 10:45 WIB
Changi-Airport-singapore-batamtoday.jpg Honda-Batam
Suasana di Bandara Changi, foto:batamtoday

SINGAPURA, batamtoday - Hingga akhir semester pertama 2012, sebanyak 25 juta penumpang tercatat menggunakan Bandara Internasional Changi. Angka tersebut meningkat kurang lebih 11,6 persen dibanding periode yang sama tahun 2011.


Dalam catatan statistik yang dipublikasikan Changi Airport Group, jumlah peningkatan penumpang di bandara Changi pada semester pertama ini sesuai dengan target sebelumnya. Pergerakan penumpang dalam tempoh setengah tahun pertama 2012 didominasi dari dan ke kawasan Timur Tengah, Asia Selatan dan Timur Laut Asia dimana mereka transit melalui bandara Changi.

"Ada beberapa kota seperti Guangzhou, New Delhi, Beijing, Frankfurt dan Taipei mencatatkan pertumbuhan paling tinggi di kalangan sektor penerbangan," kata juru bicara Changi Airport Group dikutip batamtoday dari Cyberita Asia, Selasa(24/7/2012).

Dari Januari hingga Juni 2012 pergerakan penumpang dari Timur Tengah mengalami peningkatan sebanyak 22 persen dibanding tahun sebelumnya. Sedangkan dari Asia Selatan meningkat 15 persen. Peningkatan paling rendah dicatatkan wilayah Timur Laut Asia, hanya 14 persen.

Catatan lain, dari ukuran negara, yang paling banyak menyumbang peningkatan jumlah penumpang di Bandara Internasional Changi, masing-masing India dan China. Rata-rata tiap bulan, sebanyak 1 juta penumpang tercatat dari kedua negara tersebut. 

"Hal ini juga dipengaruhi dengan banyaknya bandara di China dan India yang terhubung dengan Changi. Setidaknya 25 Bandara di China dan 11 di India sudah direct dengan Changi," kata juru bicara Changi Airport Group.

Untuk catatan pergerakan pesawat komersial yang melintas di bandara terkemuka di Singapura itu, meningkat 6,4 persen. Jumlah pesawat komersial yang melalui Changi pada semester pertama 2012 mencapai 26,662. Sedangkan pada tahun sebelumnya (2011.red) hanya berkisar 25.059.

"Jumlah Cargo yang dikirim jua mengalami peningkatan. Saat ini tercatat sebanyak 153,300 metrik ton dikirim sepanjang semester pertama 2012, atau meningkat 0,1 persen dibanding periode yang sama tahun lalu," tuntas pernyataan Changi Group.