Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Adik Gus Dur, Hajah Lily Wahid Tutup Usia
Oleh : Redaksi
Senin | 09-05-2022 | 15:24 WIB
A-Lily-Wahid.jpg Honda-Batam
Nyai Hj Lily Khodijah Wahid binti KH A Wahid Hasyim meninggal dunia, Senin (9/5/2022). (Foto: Ist)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Keluarga besar Nahdlatul Ulama berduka. Tokoh perempuan Nahdhatul Ulama (NU) yang juga adik kandung mantan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Nyai Hj Lily Khodijah Wahid binti KH A Wahid Hasyim meninggal dunia, Senin (9/5/2022).

Cucu pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari wafat itu wafat sekitar pukul 16.28 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta. Kabar duka ini disampaikan alumni Pesantren Ciganjur, Mustiko Dwipoyono kepada NU Online.

Berdasarkan informasi yang diterima, jenazah adik Gus Dur ini akan disemayamkan di West Covina Blok SH 6/31, Kota Wisata Cibubur, Bogor.

"Insya Allah jenazah akan dimakamkan di pesantren Tebuireng Jombang, besok berangkat dari rumah duka besok selasa 10 Mei 2022 pukul 05:00," ujar Mustiko.

Dilansir dari laman Tebuireng Online, Hj Lily Chodijah Wahid atau yang akrab dipanggil Nyai Lily Wahid lahir pada tanggal 4 Maret 1948. Ia adalah anak kelima dari pasangan suami istri KH A Wahid Hasyim dengan Ibu Nyai Solichah.

Nyai Lily Wahid adalah pribadi yang mempunyai kegemaran membaca dan seni. Bukan hanya pelajaran yang dibacanya. Banyak buku bacaan yang dibaca oleh sosok yang aktif ini. Nyai Lily Wahid dikaruniai tiga anak dari suaminya yang telah wafat tahun 1987.

Ia adalah sosok yang sangat aktif dalam berorganisasi. Keaktifannya tersebut tak lepas dari pengaruh sosok ibu yang juga aktif. Ketika duduk di bangku SMA, beliau telah aktif di IPPNU dan KAPPI.

Nyai Lily Wahid juga merupakan sosok perempuan yang cerdas. Berkat kecerdasannya setelah tamat SMA beliau diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (UI). Ia juga sosok yang teguh pendirian yang merupakan cirinya sejak muda. Apa yang diyakininya benar, itulah yang dipertahankannya.

Sumber: https://nu.or.id/obituari/innalillahi-hj-lily-wahid-adik-gus-dur-wafat-6zoZH
Editor: Dardani