Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Ini Manfaat Saling Memaafkan, Rutinitas Lebaran yang Bikin Sehat Lahir-Batin
Oleh : Redaksi
Senin | 02-05-2022 | 12:00 WIB
ucapan-idul-fitri1.jpg Honda-Batam
ilustrasi saling memaafkan.

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Perayaan Idul Fitri selalu identik dengan maaf-memaafkan. Tidak hanya membangun silaturahmi, tradisi ini juga memberikan manfaat sehat lahir batin.

Manfaat saling memaafkan antara lain pernah dibuktikan dalam sebuah penelitian pada 2016. Memaafkan, menurut penelitian tersebut, dapat meredakan stres yang manfaatnya antara lain:
- Tekanan darah lebih rendah
- Anksietas/kegelisahan berkurang
- Kualitas tidur meningkat
- Rasa percaya diri meningkat

Sebaliknya, menyimpan dendam dapat berdampak pada:
- Stres meningkat
- Otot menegang
- Masalah jantung
- Fungsi imunitas menurun

Ada kalanya, tidak mudah untuk begitu saja memaafkan seseorang. Butuh proses yang seringkali tidak semudah yang dibayangkan, dan hal itu adalah wajar. Butuh waktu untuk berdamai dengan hal tersebut.

Beberapa tips yang dapat membantu proses tersebut antara lain:

1. Membicarakan masalah
Bagian terpenting adalah mengenali perasaan tentang masalah yang terjadi. Jika tidak yakin dengan apa yang dirasakan, bisa juga membicarakannya dengan orang lain, siapapun yang bisa menjadi bagian dari support system.

2. Temukan sisi positif
Seberat-beratnya masalah, selalu ada sisi baik yang bisa dipetik. Ketika sudah bisa mengidentifikasi hal tersebut, maka seseorang akan merasa lebih baik untuk memberikan belas kasih dan saling pengertian.

3. Mulai dengan hal kecil
Jika sulit untuk memaafkan masalah besar, mulailah belajar dengan memaafkan hal-hal kecil. Sulit memaafkan kesalahan besar adalah wajar, tetapi melatihnya dari hal-hal kecil dapat membentuk sebuah kebiasaan dalam hidup sehari-hari.

4. Maafkan diri sendiri
Beberapa orang sulit memaafkan ketika mereka juga menyalahkan dirinya sendiri. Memulai dengan mengasihi dan memaafkan diri sendiri dapat sangat membantu dalam proses memaafkan orang lain.

Sumber: detik.com
Editor: Yudha