Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jelang Lebaran 2022, Harga Daging Sapi dan Ayam di Batam Masih Normal
Oleh : Aldy
Rabu | 27-04-2022 | 17:48 WIB
pedagang_daging-di-pasar-botania-2.jpg Honda-Batam
Pedagang daging di Pasar Botania 2 Batam Center. (Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Idul Lebaran Fitri 1443 H, sudah di depan mata. Hari kemenangan itu akan dirayakan umat muslim dalam beberapa hari ke depan.

Di tengah perayaan Idul Fitri, kebutuhan akan daging, baik sapi maupun ayam, biasanya akan meningkat. Seiring dengan itu, harga pun biasanya ikut naik.

Namun, sepekan jelang Idul Fitri 1443 H di Kota Batam, harga daging sapi maupun ayam masih terpantau normal. Bahkan, permintaan pembeli pun masih sama seperti biasanya.

Sejumlah pedagang danging yang ditemui BATAMTODAY.COM di Pasar Botania 2, Batam Center, mengaku stok masih terbilang aman, hingga saat ini. Demikian pula harga masih relatif normal.

"Daging sapi beku masih Rp 90-95 ribu/Kg, tergantung jenisnya. Untuk harga sejak awal Ramadhan hingga saat ini masih sama, belum naik," ungkap Sri, pemilik kios UD Barokah, Senin (27/4/2022).

Lanjutnya, untuk daging ayam segar masih dikisaran Rp 35 ribu/Kg, sedangkan yang beku dikisaran Rp 28 ribu/Kg.

Sementara itu, Yanto pemilik kios Jagal Utama, menyampaikan harga daging sapi segar berkisar Rp 120 - 150 ribu/Kg, tergantung jenis dagingnya. "Harga daging segar masih normal, sementara ayam kampung, sudah naik sedikit yaitu Rp 70 ribu/Kg. Bonus dipotong dan dibersihkan, tetapi ayamnya ditimbang hidup, baru kita bersihkan," ucap Yanto.

Di sisi lain, para pedang memprediksi kebutuhan daging akan meningkat sekitar H-3 Idul Fitri. Hal ini, menurut pedagang sudah biasa terjadi.

"Biasanya permintaan daging mulai banyak pada H-3 dan di sana pun harga akan mengalami kenaikan kalau tidak dikotrol pemerintah," tutup Yanto.

Editor: Gokli