Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BI Kepri Siapkan Layanan Penukaran Uang Baru Rp2,11 Triliun
Oleh : Aldy Daeng
Jumat | 22-04-2022 | 13:39 WIB
A-BI-KEPRI-BATAM.jpg Honda-Batam
Kantor Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau di Batam. (Foto: Aldy/BTD)

BATAMTODAY.COM, Batam - Untuk keperluan masyarakat dalam menyambut Idul Fitri 1443 Hijriah, Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau, menyediakan uang tunai baru sebesar Rp2,11 triliun, bagi masyarakat yang ingin melakukan penukaran uang.

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Kepri, Musni Hardi Atmaja mengatakan, pada tahun 2022 ini, ketersediaan uang untuk penukaran bagi masyarakat khususnya di Provinsi Kepri mengalami peningkatan sebesar 14,67 persen jika dibandingkan dari tahun sebelumnya yang hanya Rp1,84 triliun.

"Karena kita melihat sepertinya antusias masyarakat untuk menukar uang di lebaran tahun ini lebih besar," ungkapnya, Jumat (22/4/2022).

Selain itu, pihak BI Kepri juga menyediakan layanan penukaran uang di beberapa pelabuhan, diantaranya Pelabuhan Domestik Sekupang dan pelabuhan Domestik Telaga Punggur. Pembukaan layanan di dua Pelabuhan Domestik ini, diharapkan bisa mempermudah masyarakat untuk menukarkan uang sebelum melakukan mudik.

"Apabila ada masyarakat yang mau mudik melalui pelabuhan, tapi tidak sempat menukar ke Bank. Kami juga buka layanan di Pelabuhan Sekupang dan Punggur. Jadi tidak usah khawatir," paparnya.

Musni juga menerangkan, layanan penukaran uang sudah dapat dilakukan di Bank Indonesia sejak hari ini. Sementara bagi layanan di kawasan Pelabuhan Domestik, baru akan dilaksanakan pada tanggal 25 hingga 27 April mendatang.

Tidak hanya itu, Bank Indonesia juga menyediakan mobil kas keliling yang akan beroperasional di kawasan Harbourbay dari tanggal 27 hingga 28 April.

"Banyak pilihan sebenarnya, BI Kepri juga melayani penukaran uang rupiah baik melalui kantor cabang perbankan, kas titipan Bank Indonesia, maupun mobil Kas Keliling," terangnya.

Diterangkannya, secara keseluruhan, Bank Indonesia perwakilan Provinsi Kepri membuka 152 titik layanan penukaran yang tersebar di Batam, Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun, hingga Natuna.

Ditegaskannya, untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai pada libur Hari Raya Idul Fitri, pihak Bank Indonesia telah mengimbau perbankan menghitung secara cermat, terkait kebutuhan uang tunai untuk pengisian mesin ATM dan memastikan ketersediaan uang tercukupi di seluruh mesin ATM selama masa libur cuti bersama.

"Jadi masyarakat dipersilahkan memanfaatkan layanan yang telah disediakan. Kami memastikan selama Ramadan dan lebaran kebutuhan uang dipastikan aman," tegasnya.

Kemudian, Masyarakat juga dapat memperoleh informasi layanan penukaran tersebut mulai tanggal 4 hingga 29 April, melalui http://tiny.cc/penukaranRamadhan.

Editor: Dardani