Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pintu Masuk Wisman Dibuka, Mall di Batam Mulai Bangkit
Oleh : Aldy
Selasa | 12-04-2022 | 17:08 WIB
dc-mall.jpg Honda-Batam
Bazar Busana Muslim di DC Mall Batam, sudah mulai ramai pengunjung, Selasa (12/4/2022). (Foto: Aldy)

BATAMTODAY.COM, Batam - Sejumlah mall di Kota Batam, mulai bangkit dari keterpurukan pascadilanda badai Covid-19, dua tahun terakhir ini. Meski belum sepenuhnya pulih, namun dengan dibukanya pintu masuk wisatawan mancanegara (Wisman) membuat mall-mall di Batam, mulai bergairah.

Salah satu mall yang merasakan dampak positif dibukanya pintu masuk Wisman, yakni DC Mall di Kawasan Lubukbaja. Di mana, mall yang satu ini merupakan paling sering dikunjungi Wisaman Singapura maupun Malaysia.

Koordinator Even DC Mall, Edy mengatakan, saat ini pengunjung sudah mulai meningkat, terlebih pada momentum bulan suci Ramadhan, beberapa tenant mulai terisi kembali, ada beberapa pemilik tenant yang lama kembali lagi beroperasi, ada juga yang berganti sewa.

"Saat ini sudah mulai bergairah lagi, baik kunjungan warga Batam sendiri, maupun kunjungan dari masyarakat dari luar Batam," ungkap Edy, Selasa (12/4/2022).

Dikatakannya, dengan dibukanya kembali pintu masuk Wisman, diharapkan perekonomian Batam bisa kembali pulih, khususnya dari segi pariwisata. Dengan pulihnya kembali pariwisata di Batam, akan berimbas positif bagi pengusaha mall yang ada di Batam.

"Di Mall kami sudah mulai menjumpai pengunjung dari Singapura, biarpun belum seramai sebelum Covid-19, akan tetapi ini merupakan signal positif bagi kami," katanya.

Edy pun memaparkan, dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri, pihaknya membuka Bazar Busana Muslim. Saat ini, DC Mall merupakan salah satu mall yang ada di Batam yang menyediakan busana muslim terlengkap.

"Hingga penghujung Ramadhan ini, kami melakukan Bazar Busana Muslim, ini merupakan bazar terbesar di Batam. Sampai saat ini animo pengunjung meningkat hingga 80 persen dari biasanya," papar Edy.

Di samping itu, supermarket yang ada di DC Mall juga tidak kalah meningkat dari segi pengunjung. "Supermarket kita juga terbilang meningkat 70 hingga 80 persen, berbagai kalangan sudah terlihat, kita harapkan situasi seperti ini terus menjadi trend positif," ucapnya.

Salah sorang pemilik tenant di DC Mall, Yanti mengaku, senang dengan kondisi mall yang sudah menggeliat, sejak dilonggarkannya aturan oleh pemerintah pendapatannya pun meningkat. "Jadi pandemi kemarin itu memang sangat berpengaruh sekali, ya," katanya.

Dikatakannya, selama pandemi penghasilan hanya untuk menutupi pembayaran sewa tenant. Ia berharap agar kasus Covid-19 tidak lagi meningkat dan kondisi yang sudah mulai membaik ini tetap terjaga.

"Jangan sampai seperti dulu. Banyak ruginya. Memang barang kita tidak basi, tetapi pengeluaran kan keluar terus," ungkapnya.

Editor: Gokli