Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mahasiswa dan Masa Gojek Bergabung, Demo 11 April di DPR Bergemuruh
Oleh : Redaksi
Senin | 11-04-2022 | 15:28 WIB
massa-ojol-mahasiswa1.jpg Honda-Batam
Massa ojek online demo di Kantor DPR. (CNN Indonesia)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Massa aksi dari kelompok Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) tiba di depan Gedung DPR usai melakukan longmars dari Gedung TVRI, Jakarta Pusat, Senin (11/4/2022).

Pantauan di lokasi, peserta aksi tiba di Gedung DPR sekira pukul 13.50 WIB. Massa aksi dari pelbagai universitas nampak masih terus berdatangan bergabung dengan massa aksi yang sudah tiba.

"Masa jabatan itu bukan sembako yang terus naik," ujar salah satu orator dari atas mobil komando.

Massa yang tiba lantas mendapatkan sambutan meriah dari ojek daring hingga masyarakat yang telah berkumpul di Gedung DPR terlebih dahulu.

"Hidup Mahasiswa, kami bersama mahasiswa," teriak kelompok ojek daring di lokasi.

Massa aksi terpantau memadati seluruh ruas Jalan Gatot Subroto yang berada di depan Gedung DPR. Kendaraan terpantau hanya dapat melintasi jalur Transjakarta saja.

Akibatnya, arus lalu lintas dari arah Semanggi menuju Slipi menjadi macet parah.

Sementara itu, aparat kepolisian nampak berjaga di balik pagar pintu utama menuju kawasan DPR. Sejumlah kendaraan taktis (rantis) seperti barracuda, meriam air (water canon), dan pengurai massa juga terlihat telah berada di dalam lingkungan DPR/MPR.

Sebelumnya, BEM SI berencana akan menggelar aksi di sekitar Istana dengan enam tuntutan. Salah satu tuntutannya menolak penundaan Pemilu dan perpanjangan masa jabatan.

Namun, pada Minggu (10/4/2022), Jokowi memberikan keterangan resmi bahwa Pemilu tetap akan digelar 14 Februari 2022.

Tak lama setelah itu, BEM SI pun mengubah rencana aksi dan tuntutan nya menjadi empat. Selain itu, lokasi aksi juga dipindah dari sekitar Istana menjadi di depan gedung DPR.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Yudha